7 Tips Berwisata Arung Jeram – Arung jeram merupakan olahraga air yang sering dilakukan di sungai yang memiliki medan dan rintangan yang sesuai. Beberapa sungai di Indonesia memiliki medan tersebut. Misalnya, sungai Alas yang ada di Aceh, Air Berau di Bengkulu dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk melakukan olahraga tersebut, Anda harus siap, baik secara fisik maupun mental. Karena arung jeram sangat menantang adrenalin Anda.

Berikut ini adalah tips dan panduan bagi Anda yang akan melakukan wisata arung jeram di manapun tempatnya.

1Tentukan Tujuan

Menentukan tujuan untuk berarung jeram memang sangat penting. Lokasi yang Anda pilih harus sesuai dengan tingkatan Anda. Misalkan saja, terdapat sungai dengan tingkat jeram yang mudah, sedang, sulit dan berbahaya. Nah, Anda berada di level ke berapa? Sesuaikan dengan kemampuan dan pengalaman Anda. Coba saja tingkat 1-2 di Sungai Elo, Magelang. 2-3 di Sungai Serayu dan Progo Atas di Jawa Tengah serta Sungai Citarum, Citarik, dan Citatih yang tidak jauh dari Jakarta.

2Kondisi Cuaca

Cuaca yang pas sangat mendukung arung jeram Anda. Sebenarnya musim kemarau maupun penghujan tidak masalah, yang penting Anda tahu karakteristik sungai tersebut. Karena terkadang ketika musim hujan, sungai cenderung naik tingkatannya, meskipun ada pula yang tetap stabil. Sedangkan pada musim kemarau, ada sungai yang menjadi kering dan alirannya kecil.

3Cari Informasi

Hubungi operator atau pengelola sungai tersebut untuk mencari informasi seputar arung jeram dan karakteristik sungai. Sehingga, Anda jadi bisa menyesuaikan jadwal untuk pengarungan.

4Patuhi Peraturan Yang Ada

Jika Anda akan melakukan pengarungan, biasanya pemandu akan memberikan briefing terlebih dahulu. Mereka akan menjelaskan alat-alat dan bagaimana menggunakannya. Perintah maupun larangan yang diberikan harus Anda patuhi, sebab keselamatan dan keamanan Anda menjadi tanggung jawab mereka.

5Siapkan Fisik dan Mental

Alangkah lebih baiknya sebelum melakukan pengarungan Anda berlatih fisik dan menjaga kesehatan agar tidak drop saat sudah mencapai hari-H nya. Mempersiapkan mental juga sangat penting. Terlebih bagi Anda yang merupakan penakut. Jangan takut secara berlebihan, sebab akan memicu terjadinya kecelakaan.

6Berdoa Sebelum Melaksanakan Pengarungan

Apapun yang Anda lakukan, berdoa merupakan jurus paling ampuh agar keselamatan Anda tetap dijaga oleh Yang Maha Esa. Jadi, jangan pernah meninggalkan hal tersebut sebelum memulai kegiatan apapun, termasuk berarung jeram ini.

7Hindari Merasa Paling Berpengalaman

Seprofesional apapun Anda, bila melakukan aktifitas seperti arung jeram ini harus tetap waspada. Jangan merasa Anda paling berani dan paling hebat. Sebab Anda tetap memiliki pemandu yang akan memberikan panduan kepada Anda. Lakukan saja sesuai dengan skenario mereka, jangan melakukan skenario Anda sendiri.

Demikianlah 7 tips berwisata arung jeram bagi Anda yang masih pemula maupun yang sudah professional. Semoga bermanfaat bagi Anda, ya! Salam panduan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY