7 Tips Berwisata Mendaki Gunung – Sekarang ini, para remaja di Indonesia mulai getol-getolnya dengan pendakian. Mulai dari mendaki di gunung yang ada di kota atau daerahnya, sampai di gunung yang jauh dari kota asalnya. Hal itu membuat para pecinta alam dan pendaki semakin bertambah banyak dengan tujuan yang sama, yaitu mengexplore kekayaan Indonesia. Bisa dilihat di situs-situs jejaring sosial, banyak sekali anak muda yang mengunggah fotonya sedang berselfie ria di puncak gunung. Kadang, hal itu membuat iri para remaja lain yang belum pernah kesana.

Namun, jangan khawatir. Jika Anda seorang pemula, kami memiliki 7 tips berwisata mendaki gunung yang akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

1Siapkan Fisik dan Mental

Olahraga apapun yang akan Anda lakukan, baik berarung jeram, melakukan perjalanan panjang ke suatu tempat ataupun mendaki gunung, Anda harus tetap mempersiapkan kondisi fisik Anda. Bisa dibilang mendaki gunung merupakan kegiatan atau aktifitas yang sangat berat dan menantang. Kalau Anda tidak siap secara fisik dan mental, bisa jadi proses pendakian tidak berhasil. Dengan melakukan latihan rutin sebelum pendakian serta meyakinkan diri sendiri, dapat membuat Anda siap ke langkah selanjutnya.

2Tentukan Tujuan

Bagi pemula, tidak usah terlalu berambisi untuk mendaki gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 1000 mdpl dengan rintangan atau medan yang menantang adrenalin. Hal itu akan menjadikan Anda semakin drop. Baru, kalau Anda sudah memiliki pengalaman yang lebih, Anda bisa mencapai puncak tertinggi sekalipun.

3Mencari Teman Yang Ingin Mendaki Ke Tujuan Yang Sama

Apapun yang Anda lakukan, tidak terlepas dari bantuan orang lain. Tentunya Anda pasti akan enggan meminta tolong orang lain ketika sedang mendaki di gunung tertentu. Namun, kepada teman sendiri pastilah rasa enggan itu tidak ada lagi. Teman akan membantu Anda jika Anda mengalami kesulitan saat mendaki.

4Persiapkan Alat dan Bekal

Salah satu langkah yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan alat dan bekal. Kenapa demikian? Dua hal tersebut sangat penting, sebab akan menunjang ketika Anda melakukan pendakian. Bekal yang cukup dimaksudkan agar Anda tidak kehabisan nantinya ketika berada di tengah jalan, mengingat pendaki lainnya juga membutuhkan bekal mereka. Sedangkan alat, semuanya harus sudah siap sebelum mendaki, seperti jaket, sepatu, tenda, masker dan lain sebagainya.

5Patuhi Pemandu

Bagi Anda yang merupakan pendaki pemula, jangan pernah merasa jika Anda bisa menggapai puncak dengan tangan dan akal Anda sendiri. Sebenarnya mau pemula ataupun yang sudah profesional sama saja, tetap harus mematuhi apa kata pemandu. Supaya proses pendakian dapat berjalan sesuai dengan harapan.

6Isi Persediaan Air Secukupnya

Di setiap gunung biasanya terdapat mata air yang bersih. Pendaki biasanya mengambil air tersebut untuk dijadikan bekal pendakian. Ketika Anda juga melewatinya, jangan lupa untuk mengisi wadah minum Anda secukupnya agar tidak kehausan sebelum sampai ke puncak.

7Berdoa Sebelum dan Setelah Sampai di Puncak

Semua yang kita lakukan pasti atas izin Tuhan. Oleh karena itu, jangan pernah lupakan berdoa. Karena kekuatan doa dapat menyelamatkan Anda dari apapun. Dan juga jangan lupa bersyukur, karena atas karunia-Nya lah Anda bisa berhasil melakukan pendakian tersebut.

Itulah 7 tips berwisata mendaki gunung yang semoga saja bermanfaat, baik bagi Anda yang pemula maupun yang sudah berpengalaman. Salam panduan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY