7 Tips Wisata Rohani Yang Harus Diperhatikan – Beberapa wisata, baik di Indonesia maupun di mancanegara menawarkan pesona religi yang memberikan suatu kekayaan berbeda bagi kita. Sensasi yang Anda rasakan ketika berkunjung ke masjid, pura atau tempat lainnya pasti akan sangat berbeda dibanding ketika berada di pantai, danau, dan wisata alam lainnya. Oleh karena itu, di tempat yang suci tersebut, Anda harus bisa menjaga diri dan penampilan dengan sebaik-baiknya. Berikut ini adalah 7 tips wisata rohani yang harus diperhatikan.

1PAKAIAN DAN PENAMPILAN

Tempat wisata rohani seperti yang sudah disebutkan sebelumnya merupakan tempat yang digunakan untuk beribadah. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaga penampilan ketika berada di dalamnya, seperti memakai pakaian yang pantas dan sopan serta sesuai. Pakailah baju dengan lengan dan celana panjang yang menutupi anggota tubuh Anda.

2JANGAN MASUK KETIKA SEDANG DATANG BULAN

Beberapa tempat wisata rohani, khususnya masjid dan tempat sakral lainnya tidak mengizinkan perempuan yang sedang haid atau datang bulan untuk masuk. Perhatikan aturan tersebut, jangan memaksakan diri untuk tetap masuk. Anda bisa mengamati lokasi wisata tersebut dari luar dengan berfoto bersama rombongan misalnya.

3TAATI ATURAN YANG ADA

Karena terdapat beberapa tempat wisata rohani yang sakral, maka Anda harus mematuhi aturan dari pemandu supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Misalkan saja, kalau Anda tidak boleh berisik, ya jangan dilanggar. Makan dan minum di dalam kompleks wisata juga tidak diizinkan meskipun terkadang tidak ada aturan tertulisnya.

4SESUATU YANG SUCI

Di berbagai tempat wisata rohani, terdapat mata air yang dianggap suci, batu-batuan yang indah dan semacamnya. Bila Anda ingin mengambilnya, secukupnya saja. Kalau tidak boleh mengambil batu-batuan, Anda juga jangan mengambilnya. Karena ada tempat wisata yang tidak mengizinkan pengunjung membawa serta barang dari tempat tersebut. Selain itu, juga jangan meludah sembarangan di sekitar tempat suci.

5PAHAMI SEJARAH YANG ADA

Berwisata bukan hanya sekedar berfoto-foto saja, akan tetapi Anda harus bisa memahami sejarah atau asal muasal terbentuknya lokasi tersebut. Hal ini dikhususkan untuk objek wisata religi dan sejarah serta budaya. Kalau hanya berfoto saja, Anda tidak akan mendapatkan sesuatu yang spesial dari tempat tersebut.

6PEMANDU YANG BISA MENJELASKAN DENGAN BAIK

Di sekitar tempat wisata, biasanya ada orang yang menjadi pengelola atau penunggunya. Dengan mengajak serta orang atau pemandu tersebut, Anda bisa berjalan-jalan di tempat wisata sambil mendengarkannya menjelaskan sejarah dibalik keistimewaan objek wisata religi tersebut.

7SUMBANGAN SUKARELA

Biasanya tempat wisata religi menyediakan kotak sumbangan sukarela. Tentu saja sumbangan tersebut berlaku bagi Anda yang memiliki rezeki lebih. Jika hal tersebut terjadi, tidak ada salahnya, bukan untuk memberikan sumbangan. Sumbangan yang Anda berikan bisa jadi berguna bagi kelestarian tempat tersebut.

 

Itu tadi 7 tips wisata rohani yang harus diperhatikan oleh Anda dan kawan-kawan yang sedang berlibur di tempat wisata religi manapun! Salam panduan dan selamat berlibur.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY