Air Terjun Mata Jitu – Mutiara Pulau Moyo

0
987

Air Terjun Mata Jitu – Mutiara Pulau Moyo – Pesona dan Keunggulan Air Terjun Mata Jitu. Air terjun Mata Jitu merupakan air terjun yang sangat populer di kalangan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Air terjun tersebut pernah dikkunjungi oleh mendiang Putri Diana pada tahun 1993. Letak air terjun Mata Jitu, yang memiliki daya tarik wisata yang memukau hingga ke mancanegara tersebut adalah di Dusun Oiramu, Desa Labuhan Aji, Kecamatan Labuhan Badas, Sumbawa. Sebagai salah satu destinasi wisata di NTB yang banyak menyedot perhatian para wisatawan.

Lokasi Dan Keindahan

Air terjun Mata Jitu berada dalam kawasan wisata Pulau Moyo utara Sumbawa dan di mulut Teluk Saleh. Air terjun ini memiliki tiga undakan air setinggi tujuh meter dan kolamnya berwarna hijau. Nama “mata jitu” sendiri memiliki arti mata air yang jatuh tepat mengenai kolam di bawahnya. Keunikan lain dari air terjun Mata Jitu juga terletak pada kondisi airnya yang begitu jernih berwarna biru laut dengan bebatuan kapur di sekitar air terjun tersebut, bukan batu padat layaknya pada air terjun umumnya. Bebatuan di sekitar air terjun juga telah terbentuk sejak ribuan tahun lalu.

Bahkan tak hanya itu, para wisatawan yang memandang juga akan dibuat kagum oleh keberadaan stalaktit dan stalagmit yang menghiasi permukaan dinding air terjun Mata Jitu. Pemandangan asri dan hijau di sekitarnya semakin membuat air terjun Mata Jitu jadi primadona di Pulau Moyo. Setiap orang yang memandang pasti tergoda untuk mandi di kolam bawah air terjun Mata Jitu. Namun perlu Anda ketahui bahwa ada kesepakatan yang telah dibuat atas air terjun tersebut.

Pada kolam bagian atas dengan warna airnya yang begitu indah, kehijaun dengan gradasi biru dan sangat jernih, hanya diperuntukkan untuk mandi dan berendam  tamu resort amanwana. Sedangkan di kolam bawahlah yang dibuka untuk para wisatawan umum bisa mandi dan berendam di sana. Keindahan dan kebersihan air terjun Mata Jitu memang sangat dijaga, sebagai aset wisata daerah Sumbawa untuk menarik minat para wisatawan berkunjung.

Transportasi

Akses Menuju Air Terjun Mata Jitu sangat mudah. Jika dari Sumbawa Besar sekitar 20 km perjalanan ditempuh menggunakan kendaraan, bisa kendaraan pribadi atau sewa, atau bahkan ojek menuju Ai Bari, kampung pesisir yang letaknya 2,5 km ke utara. Sesampai di sana Anda akan berganti alat transportasi menuju Pulau Moyo. Transportasi yang Anda gunakan adalah perahu motor nelayan dengan kisaran harga Rp 20.000,- hingga Rp 25.000,- per orang. Namun jika Anda ingin menyewa kapal nelayan, Anda harus sediakan budget sebesar Rp 450.000,- untuk biaya sewa kapal pulang pergi ke Pulau Moyo, namun harga sewa tersebut masih bisa dinego. Perjalanan laut ini memakan waktu sekitar 2 jam.

Setelah sampai di Pulau Moyo, Anda berganti transportasi. Untuk menuju air terjun Mata Jitu, Anda harus naik ojek selama 30 menit. Atau jika Anda berjiwa petualang bisa berjalan kaki selama 2 jam menuju air terjun Mata Jitu. Di Pulau Moyo terdapat banyak penginapan atau resort yang bervariasi dengan berbagai fasilitas memadai sehingga Anda tak perlu khawatir.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY