Alam Lestari Gunung Seulawah Agam

0
592

Alam Lestari Gunung Seulawah Agam – Gunung Seulawah menjadi salah satu gunung di Aceh yang sering dikunjungi turis. Gunung ini masuk dalam kawasan hutan lindung dan tercatat masih aktif. Gunung yang memiliki ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut ini menyimpan keindahan yang belum tercemar. Spot pendakian yang masih damai dan asri di Seulawah Agam bisa dijadikan target pendakian Anda.

PENDAKIAN DIMULAI

Ketika Anda sampai di lokasi dan memulai pendakian, pinto rimba adalah tempat pertama yang Anda lewati. Gerbang hutan ini berada tak jauh dari areal perkebunan, sekitar 1 km. Di sana ada air yang mengalir dari perkampungan untuk persiapan bekal minum Anda karena airnya cukup jernih. Ada sebuah balai pula sebagai tempat istirahat. Selanjutnya, yaitu Pinto Agen. Disini Anda bisa beristirahat dan menyaksikan pemandangan alam tepi tebing curam dari ketinggian 1100 meter.

Selanjutnya di beringin tujoh. Disini Anda akan melewati hutan lebat dan berusaha menentukan arah. Pendakian Anda semakin menantang disini. Untuk meneruskan pendakian, Anda bisa menggunakan GPS agar semakin mudah mencari arah. Namun, disini, di kiri kanan Anda akan terlihat lumut hijau tua seperti menyelimuti pohon-pohon dan semua serba hijau. Pemandangan seperti inilah yang membuat Anda merasa semakin segar.

Kemudian sampailah Anda di Batu Gajah (baru besar berlumut dengan pohon menjulang tinggi). Pendakian dari sini sejam lagi. Lalu Anda akan menemukan tempat yang lapang dan biasa dipakai berkemah pendaki. Dari situ, beberapa meter lagi Anda telah sampai di Puncak Seulawah yang ditandai dengan tugu semen persegi panjang bertuliskan “R17 Puncak Seulawah”. Rasa lelah Anda akan terbayar melihat pemandangan dari atas sini.

Berhati-hatilah dalam mendaki karena gunung ini memiliki medan yang cukup miring.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Lokasi Gunung Seulawah ini kurang lebih 70 km dari Banda Aceh ke arah Saree Aceh Besar. Dengan transportasi darat, Anda bisa sampai di lokasi ini. Naiklah kendaraan pribadi atau angkot dengan tarif Rp20.000-Rp40.000,-. Sampai di perkampungan, ambil jalan lewat samping sekolah pertanian menuju kampung Aceh. Lalu titipkan kendaraan di rumah penduduk (jika Anda menggunakan kendaraan pribadi).

TIPS PENDAKIAN

Anda harus memperhatikan berbagai tips berikut ini agar pendakian bisa berjalan dengan lancar. Beberapa hal tersebut antara lain:

  1. Persiapkan diri, baik fisik maupun mental agar tetap fit selama mendaki
  2. Cari info mengenai gunung tersebut, baik status maupun jalurnya
  3. Lihat kondisi cuaca, jangan sampai mendaki dengan kondisi cuaca tidak mendukung
  4. Izin pendakian
  5. Persiapan Logistik
  6. Bekal dan alat yang cukup

Hal itu akan membantu Anda untuk melakukan proses pendakian. Persiapkan persediaan yang cukup supaya di tengah-tengah jalan tidak perlu khawatir. Karena mendaki itu sangat berat, jika Anda masih pemula tentunya.

Nah, itu tadi info mengenai wisata di Gunung Seulawah Agam. Semoga dapat membantu Anda untuk berlibur di daerah ini. Jangan lupa mempersiapkan diri untuk trip selanjutnya. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY