Aliran Istimewa Krueng Cunda

0
1055

Aliran Istimewa Krueng Cunda – Krueng dalam bahasa Aceh berarti sungai. Namun, sebenarnya, krueng ini adalah aliran air asin, sebab tempat ini sebetulnya merupakan sebuah selat. Keistimewaan inilah yang dimiliki Krueng Cunda, karena selatnya membelah kota Lhokseumawe dengan daratan Pulau Sumatera. Namun, untuk menghubungkannya sudah ada tiga jembatan yang bisa digunakan masyarakat ke sana.

KEJERNIHAN AIR DI KRUENG CUNDA

Sebagian besar orang yang menuju pemandian, sungai ataupun air terjun, pasti mencari yang airnya jernih. Jadi, tidak salah jika Anda memilih berwisata di Krueng Cunda karena tempat ini memiliki aliran air yang cukup bersih dan jernih. Sehingga akan membuat Anda nyaman untuk berada di dekatnya dan melihat pemandangan yang ada. Bahkan, saking jernihnya air tersebut, pasti Anda tergugah untuk menyelami dan merasakan segar airnya.

NELAYAN DAN IKAN KERAPU

Jangan heran jika melihat beberapa nelayan yang berada di atas perahu melintasi Krueng Cunda. Karena mata pencaharian mereka adalah mencari ikan dan mengurus kerambah disini. Krueng Cunda inipun menjadi budidaya ikan kerapu. Bahkan pemerintah sudah membidiknya agar menjadi lokasi budidaya ikan tersebut. Sangat cocok untuk ikan kerapu, sebab ombaknya kecil dan aliran airnya tenang. Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling selat ini dan berbincang-bincang dengan mereka tentang masalah kerapu ini sambil menikmati keindahan pemandangannya.

FASILITAS

Di sekitar Krueng Cunda sudah ada banyak tempat makan, baik cafe maupun restoran. Anda bisa mencicipi aneka hidangan yang tersedia di sini. Bisa pula dinikmati di sekitar Krueng Cunda sambil memandangi aliran air. Jangan takut selera makan Anda berkurang, sebab dengan melihat airnya yang jernih tidak akan mengganggu nafsu makan Anda.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Lokasi Krueng Cunda adalah di Jalan Merdeka Barat, Desa Cunda, Lhokseumawe. Untuk menuju ke lokasi tersebut, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Karena lokasinya gampang dijangkau, Anda dapat menemukannya dengan mudah. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, bisa langsung menuju Jalan Merdeka Barat, namun jika dari pusat kota, lewat Jalan Merdeka Timur dan Merdeka Utama.

Bagi yang menggunakan angkutan umum, bisa mendapatkan labi-labi di terminal Pusong. Ongkosnya sekitar Rp3.000-Rp7.000. Dan untuk ojek serta becak motor, tarifnya lebih mahal Rp10.000-Rp25.000,-.

HOTEL

Ada hotel yang cukup dekat dengan tempat wisata ini. Anda bisa mendatanginya di Jl.Merdeka Timur-Cunda, Lhokseumawe Telp.0645-41831/40331. Hotel tersebut bernama Plaza Samudera International Hotel. Dengan fasilitas yang lumayan lengkap dan harga lumayan sesuai dengan dompet Anda.

Semilir angin yang berhembus baik di siang maupun malam dan sore hari membaut sungai ini ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi saat malam hari sudah banyak lampu-lampu kota yang meneranginya sehingga menambah momen yang romantis bagi yang sedang dimabuk asmara. Selamat berlibur dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY