Arboretum Nyaru Menteng, Kerajaan Tumbuhan dan Satwa

0
689

Arboretum Nyaru Menteng, Kerajaan Tumbuhan dan Satwa – Lokasi konservasi dan rehabilitasi orangutan ini berada tak jauh dari Danau Tahai. Di sini, Anda bisa melihat beraneka satwa dan tumbuhan yang tersebar serta mengundang Anda untuk menyambanginya. Ajak sang anak untuk datang ke tempat ini, karena Anda mungkin bisa memberikan pendidikan melalui wisata alam dan wisata pendidikan bagi mereka dengan mengamati orangutan dan satwa serta tumbuhan lain di sana.

KOLEKSI SATWA DAN TUMBUHAN

Berbagai jenis tumbuhan vegetasi yang tumbuh dalam hutan rawa bisa Anda temukan di sini. Pepohonan yang ada dapat digolongkan ke dalam 43 famili dengan 139 jenis spesies yang ada. Pohon langka yang ada di Arboretum Nyaru Menteng adalah Mentibu, Terentang, Bintangur, Jelutung, Agathis, Tumih dan Bangkirai. Jenis flora eksotis dari luar kawasan yang ditanam di sini, yaitu Alau, Galam, Nangka, Sinonim, Saga, Rambutan, Cemara dan beberapa pohon buah lainnya. Setidaknya ada 36 jenis tumbuhan obat dari 26 famili tumbuhan.

Satwa liar yang hidup di sini dan telah teridentifikasi adalah Aves dengan 89 jenis, antara lain cucak rowo dan beo. Monyet, biawak dan ular merupakan satwa jenis lain yang juga ada di sini.

WISATA

Dengan adanya Pusat Reintroduksi Orangutan menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Kegiatan yang bisa dilakukan di sini, yaitu wisata pendidikan konservasi orangutan, pengenalan ekosistem rawa gambut, dan pembinaan cinta alam bagi pelajar serta generasi muda lainnya.

FASILITAS

Fasilitas yang bisa Anda dapatkan di lokasi wisata ini antara lain, tempat parkir, MCK, pos jaga, shelter, pondok kerja, bumi perkemahan, aula pertemuan dan yang paling menarik yaitu Pusat Informasi Reintroduksi Orangutan. Jadi, Anda bisa mengajak anak Anda untuk memperkenalkan kepada mereka tentang bagaimana orangutan hidup di habitat aslinya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Objek wisata ini berada di sebelah timur Jalan Raya Tjilik Riwut KM.28 dari Palangkaraya menuju Kabupaten Katingan. Wilayah ini temasuk ke dalam Kelurahan Tumbang Tahai, Bukit Batu, Palangkaraya. Untuk mencapai lokasi, Anda bisa menggunakan transportasi roda dua maupun roda empat, karena jalan aspal yang telah dibangun memungkinkan kedua kendaraan tersebut untuk menjangkaunya.

Dari Palangkaraya sekitar setengah jam melalui Jalan Tjilik Riwut-Tangkiling dan pada KM.28 belok kanan menuju arah Taman Wisata Danau Tahai. Anda bisa menggunakan ojek atau menyewa mobil untuk sampai ke lokasi. Dengan menyiapkan ongkos sekitar Rp500.000 saja Anda bisa bebas berwisata di sana.

JADWAL BUKA

Tempat wisata ini hanya buka pada hari Minggu dan hari libur saja. Kalau Anda datang pada hari biasa, Anda hanya bisa wara-wiri di luar karena tidak dibuka pada hari tersebut.

Nah, itulah tadi informasi dari Arboretum Nyaru Menteng untuk Anda. Semoga puas dan salam ransel! Selamat menikmati liburan Anda!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY