Bala Kuning – Belajar Sejarah Dengan Berwisata Di Istana Bala Kuning

0
663

Bala Kuning – Belajar Sejarah Dengan Berwisata Di Istana Bala Kuning – Sumbawa merupakan sebuah wilayah yang menyimpan banyak sekali sejarah. Salah satu tempat di Sumbawa yang menyimpan beragam sejarah adalah Bala Kuning. Pemberian warna kuning pada rumah ini bukan tanpa alasan, warna kuning merupakan warna yang melambangkan kesultanan Sumbawa.

Bala Kuning sebenarnya merupakan rumah pribadi milik Sultan Kahharuddin III. Namun setelah melepaskan tahtanya rumah yang juga terkenal dengan nama yelllow house tersebut ditempati oleh Sultan Kahharuddin IV. Demi mengenalkan sejarah, Bala Kuning kini telah dibuka untuk kalangan umum  dengan tujuan berwisata.

Keuntungan berkunjung ke Bala Kuning

Istana Bala Kuning menyimpan berbagai barang kuno yang menyimpan nilai sejarah. Dengan berkunjung ke tempat ini anda dapat menyaksikan langsung warisan peninggalan kesultanan Sumbawa, seprti mahkota, keris, tombak, pakaian kebesaran sultan, dan berbagai pusaka lainnya yang tidak akan anda jumpai di museum lain.

Tak seperti di museum pada umumnya, koleksi barang kuno di Bala Kuning tidak ditempatkan di rak rak kaca. Melainkan dipajang layaknya ornamen rumah bisasa yang ditata dan dirawat sedemikian apiknya. Sehingga anda akan merasakan seprti dibawa kembali ke Sumbawa tempo dulu dalam balutan warna kuning yang didukung oleh ornamen keramik kuno disetiap sudut ruangannya. Lampu pemberian peninggi belanda yang masih terpasang dan berfungsi di Bala Kuning ini menambah suasana kuno di ruang depan. Salah satu peninggalan yang sangat langka adalah sarung tangan sawit yang bisa juga anda saksikan secara langsung di Bala Kuning.

Selain barang barang pusaka kesultanan dan perlatan adat, di Bala Kuning anda juga dapat melihat al-quran hasil tulisan tangan Muhammad Ibn Abdullah Al Jawi yang dibuat pada tahun 1784. Alqur’an yang dilapisi emas, perak dan perunggu dapat anda temui dalam kondisi yang masih terawat . belum lama ini alquran ini telah dikonservasi di Perpustakaan Nasional Jakarta. Konservasi yang maksud adalah perlakuan laminasi pada al-quran agar tidak rusak dan lebih tahan lama walaupun sering dibuka.

Sebagai lambang kesultanan Sumbawa, rumah ini akan dihuni oleh keturunan sultan terkahir. Dengan demikian, anda juga dapat bertemu langsung dengan pewaris kesultanan yang terakhir. Anda bisa bertanya mengenai peningalan sejarah kesultanan yang terdpat dalam rumah ini.

Transportasi menuju Bala Kuning

Untuk mengunjungi Bala Kuning tidaklah susah karena istanan kesultanan ini berada persisi di pusat kota Sumbawa. Yakni di jalan DR.Wahidin tepatnya di sebelah timur taman kota dan wisma kota Sumbawa besar. Untuk mencapainya anda bisamenggunakan angkutan umum, ojek motor atau bahkan becak.Yang harus dilakukan sebelum ke Bala Kuning, sebaiknya anda menginfokan dulu ketika akan berkunjung agar bisa bertemu langsung dengan keluarga kesultanan Sumbawa.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY