Belajar dan Bermain di Taman Mini Indonesia Indah

0
789

Belajar dan Bermain di Taman Mini Indonesia Indah – Taman Mini Indonesia Indah atau biasa disingkat dengan TMII merupakan taman budaya dan edukasi yang menampilkan miniatur dengan keindahan serta keragaman Indonesia. Terdapat replika rumah adat dari seluruh Indonesia, flora dan fauna yang menarik, teater pertunjukan, teater Imax, dan juga museum serta berbagai fasilitas lainnya.

SEJARAH

TMII merupakan gagasan dari Ibu Tien Soeharto, istri dari mantan presiden Indonesia. Konstruksi TMII sendiri dimulai dari 1971 dan diresmikan 4 tahun setelahnya. Bagi Anda yang belum sempat mengelilingi Indonesia, tempat ini sangat cocok untuk mengenal budaya serta memberi wisata edukasi bagi si kecil.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Taman Mini Indonesia Indah terletak sekitar 25 km dari Jakarta Pusat dan 5 km dari Bandara Halim Perdana Kusuma yang dicapai melalui jalan tol Jakarta. Untuk sampai di lokasi tersebut, Anda dapat menggunakan taksi, angkutan umum atau menyewa mobil dari agen persewaan. Beberapa angkutan yang bisa Anda gunakan adalah Bus Gandeng PPD BT.03 Grogol-TMII, Angkot KWK T.01 Cililitan-Bambu Apus, Angkot KWK T.02 Cililitan-Cipayung, Angkot KWK T.05 Cililitan-Setu, Angkot KWK T.15 Cililitan-Cilangkap, Angkot KWK S.15 A Ragunan-TMII, Angkot KWK S.19 Depok-Pinang Ranti, Angkot KWK K.40 Bekasi-Kamp.Rambutan, dan Metromini T.45 Pulogadung-TMII. Untuk  ongkosnya sendiri dari mulai Rp3.000-Rp7.000 saja.

TIKET MASUK DAN JAM BUKA

Untuk masuk ke TMII, Anda akan dikenai tarif berikut ini: parkir sepeda Rp1.000, sepeda motor Rp6.000, mobil Rp10.000, bus/truk Rp30.000 dan per pengunjung sekitar Rp10.000. Namun, Anda harus membayar lagi setiap memasuki wahana yang ada. TMII buka setiap hari dari mulai pukul 07.00-21.00.

KEGIATAN

Anda dapat melihat dan mempelajari arsitektur dan desain rumah adat di berbagai pulau yang ada di negeri ini. Bawalah anak Anda ke Istana Anak-anak Indonesia yang menyajikan dongeng dari seluruh kepulauan Indonesia. Ada pula teater, panggung pertunjukan musik dan Snowy Bay untuk anak-anak yang sudah lebih besar. Taman anggrek, taman bunga dan taman burung cocok bagi Anda yang sangat menyukai alam. Teater Tanah Airku, yaitu teater pertama di Indonesia yang dilengkapi teknologi panggung seni modern. Sedangkan beberapa objek wisata di dalamnya yang bisa Anda kunjungi, yaitu Museum Indonesia, Museum Prangko Indonesia, Pusat Peragaan IPTEK, Museum Keprajuritan, Museum Pusaka, dan masih banyak lagi museum yang unik dan menarik.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Bagi Anda yang ingin berkeliling di TMII, silahkan memakai fasilitas alat transportasi, seperti kereta gantung, kereta mini, mobil, bus, sepeda dan aeromovel. Untuk tarif sewanya sendiri dari mulai Rp10.000-Rp250.000 untuk perjamnya. Anda dapat menggunakan nomor berikut 021-8409237 untuk informasi lebih lanjut. Ada pula Titihan Samirono yang merupakan teknologi penggunaan angin untuk mendorong kendaraan mono rail SHS-23 Aeromovel. Titihan akan membawa Anda melihat TMII dari ketinggian. Untuk tiketnya sekitar Rp10.000 dan hanya beroperasi pada Sabtu dan Minggu saja.

Fasilitas lain yang ada di dalamnya, yaitu ruang pertemuan, asrama Graha Wisata Remaja dan bungalo. Terdapat Desa Wisata yang memberikan suasana pedesaan yang tenang dan nyaman. Hotel ini merupakan penginapan yang cocok untuk Anda, karena dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti resepsi perkawinan, olahraga, seminar dan lain sebagainya. Di dalamnya, terdapat beberapa kamar, mulai dari yang VIP sampai non-AC serta cottage untuk menampung tamu. Ruang makan, ruang ibadan dan ruang santai tersedia untuk Anda yang datang ke tempat ini. Tempat belanja souvenir, seperti kaos, gantungan kunci, topi dan lainnya juga tersedia di TMII.

Selamat berwisata di Taman Mini Indonesia Indah dan sampai jumpa di destinasi berikutnya. Semoga liburan Anda menyenangkan, salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY