Benteng Belgica – Wisata Sejarah di Bandaneira

0
821

Benteng Belgica – Wisata Sejarah di Bandaneira – Benteng Belgica merupakan benteng peninggalan bangsa Portugis yang dibangun di Bandaneira, Maluku Tengah. Benteng ini memiliki banyak kisah sejarah yang patut kita simak.

Nilai Sejarah di Balik Megahnya Benteng Belgica

Bandaneira termasuk kota kecil peninggalan zaman kolonial Portugis dan Belanda. Mengapa demikian? Sebab dahulu Maluku menjadi pusat perburuan para penjajah untuk mendapatkan rempah-rempah. Oleh sebab itu bagi Portugis saat itu Bandaneira dijadikan pusat dagang Purtugis dengan Eropa. Maka dibangunlah benteng sebagai pertahanan dan sekaligus penjara serta gudang penyimpanan senjata. Awalnya benteng yang dibangun Portugis ini bernama Benteng Nassau. Namun ketika benteng belum tuntas dibangun, keberadaan Portugis di Banda Neira tergantikan oleh Belanda. Saat itu Belanda memiliki kelompok dagang atau akrab disebut dengan VOC yang memiliki hak khusus dari Kerajaan Belanda untuk menguasai seluruh perdagangan di wilayah Hindia Timur meliputi Afrika timur dan selatan serta seluruh wilayah Asia yang sudah pasti Indonesia termasuk di dalamnya.

 

Keberadaan Belanda di Maluku juga termasuk menyelesaikan pembangunan Benteng Nassau di Bandaneira. Benteng ini akhirnya diberi nama Benteng Belgica dan dimanfaatkan untuk lokasi pertahanan militer Belanda serta sebagai benteng pemantau lalu lintas kapal dagang. Selain sisi sejarahnya yang unik, di benteng ini Anda akan merasakan kekaguman yang luar biasa. Kekaguman melihat kemegahan benteng yang telah  berusia 400 tahun tersebut, masih tetap kokoh berdiri. Benteng Belgica juga mendapat julukan sebagai The Indonesian Pentagon karena model bangunan benteng belgica berbentuk segi lima (pentagon) yang menyerupai Gedung Pentagon Amerika. Benteng ini memiliki ciri unik, arsitektur bergaya Eropa dengan adanya bastion pada bangunan benteng. Bastion merupakan lubang di dinding benteng sebagai tempat untuk meletakkan bibir meriam. Bahkan di benteng ini Anda masih dapat melihat meriam-meriam yang digunakan VOC jaman dahulu. Tak hanya itu, ketika Anda berkunjung ke Benteng Belgica akan melihat keunikan lain di benteng tersebut. Benteng ini memiliki ruangan terbuka luas yang letaknya di tengah benteng, yang dahulu digunakan sebagai ruang tahanan. Selain itu juga terdapat menara di setiap sisi benteng dengan tangga menuju puncak menara. Dari puncak menara, Anda akan dapat melihat pemandangan di Kepulauan Banda.

Aksebilitas dan Harga Tiket Masuk ke Benteng Belgica

Bagi Anda yang berkunjung ke Benteng Belgica tidak akan dikenai membayar tiket masuk. Di sana Anda hanya akan diminta untuk mengisi kotak donasi yang akan digunakan untuk biaya perawatan benteng tersebut. Untuk akses menuju Benteng Belgica sangatlah mudah. Jika Anda berangkat dari Kota Ambon dapat naik kapal Pelni menuju Pelabuhan Yos Sudarso, Bandaneira. Ketika sampai di sana Anda dapat menggunakan beberapa fasilitas umum menuju benteng, antara lain taksi, becak, ojek, maupun angkutan kota.

 

Jika Anda berkunjung ke Benteng Belgica, Anda tidak perlu khawatir akan akomodasi di sekitar lokasi wisata tersebut. banyak penginapan di sekitar Bandaneira, Maluku Tengah. Fasilitas umum juga sudah lengkap di kota tersebut sehingga akan memudahkan wisata Anda di Maluku.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY