Berbagai Pilihan Wisata Kuliner Khas NTB

0
762

Berbagai Pilihan Wisata Kuliner Khas NTB – Mengetahui aneka Wisata Kuliner Khas Nusa Tenggara Barat merupakan kewajiban bagi para pengunjung. Berlibur ke Nusa Tenggara Barat rasanya tidak lengkap jika belum mengicipi masakan khas daerah tersebut. Wisata kuliner khas NTB sangatlah banyak disajikan di berbagai restoran atau rumah makan. Kuliner khas Nusa Tenggara juga banyak macamnya, tergantung pilihan anda. Berikut wisata kuliner khas NTB  yang wajib Anda cicipi.

1Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung

Wisata kuliner khas NTB yang pertama yaitu ayam taliwang dan plecing kangkung, masakan ini termasuk populer di Nusa Tenggara Barat. Masakan ini berbahan dasar ayam dengan bumbu yang terkenal amat pedas. Proses pengolahannya juga tak sembarangan, tetap menggunakan metode tradisional dan alami. Biasanya ayam taliwang disajikan dengan plecing kangkung. Plecing kangkung terdiri dari kangkung rebus, tauge, kacang goreng, dan sambal tomat. Tetapi jangan salah, kangkung khas Lombok berbeda dengan kangkung di Jawa. Kangkung khas Lombok adalah kangkung air yang ditanam pada sungai yang mengalir dengan metode khusus. Hasilnya pun kangkung berbatang besar dan renyah. Untuk racikan sambal tomatnya terdiri dari cabe rawit, garam, terasi, dan tomat. Sungguh paduan menu yang menggugah selera makan Anda bukan.

2Sate Bulayak

Sate bulayak merupakan salah satu wisata kuliner khas Nusa Tenggara Barat yang wajib kita coba. Sate bulayak tergolong unik. Nama bulayak sendiri berasal dari lontong yang dibungkus dengan daun arena tau daun enau yang dibentuk memanjang seperti spiral. Sehingga saat kita mengupas bulayak ini dengan cara gerak memutar. Satenya sendiri terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu khas Sasak.

3Bebalung

Dari namanya saja mungkin Anda yang berasal dari Jawa akan sangat paham dengan menu ini. Balung dalam bahasa Jawa berarti tulang dan memang benar makanan khas Nusa  Tenggara Barat ini memang terbuat dari iga sapi atau kerbau dengan racikan bumbu istimewa, yaitu cabe rawit, bawang putih, bawang putih, lengkuas, kunyit, dan jahe. Bebalung biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng.

Lokasi Wisata Kuliner Khas Nusa Tenggara Barat. Lokasi wisata kuliner khas NTB sangat banyak. Namun ada beberapa tempat yang menjadi tujuan wisata kuliner khas NTB yang banyak dikunjungi para wisatawan. Di antaranya yaitu depot Kelebet, depot ini menyediakan masakan khas bebalung. Depot ini ramai dikunjungi para wisatawan yang berwisata kuliner. Lokasinya berada di jalan HOS Cokroaminoto, tepat di belakang Gedung Gubernur NTB. Anda hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 25.000,- untuk menikmati bebalung.

Jika ingin menikmati sate bulayak, Anda bisa temukan banyak beberapa penjual di beberapa obyek wisata seperti halaman Pura Lingsar, Taman Narmada, dan Taman Suranadi, Makam Loang Baloq, dan beberapa sudut Pantai Senggigi. Seporsi sate bulayak terdiri dari 10 tusuk sate dan 5-6 potong bulayak. Harganya pun relatif murah, hanya Rp 12.000,-. Jika Anda ingin menikmati kelezatan menu ayam taliwang dan plecing kangkung, bisa datang ke kawasan Cakranegara, Lombok. Di sana banyak rumah makan yang menjual menu ini, salah satunya rumah makan ayam bakar taliwang Irama.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY