Bergerilya di Hutan Kota Langsa

0
1526

Bergerilya di Hutan Kota Langsa – Hutan ini merupakan hutan yang memiliki fungsi lindung bagi kota Langsa. Lokasi ini juga sangat penting bagi masyarakat dalam mencari nafkah. Hutan seluar 10 hektar ini merupakan paru-paru kota Langsa. Selain sebagai tempat mencari nafkah masyarakat sekitar, lokasi ini juga dijadikan tempat wisata dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

WISATA DAN PEMANDANGAN

Hutan ini menghadirkan suasana lingkungan yang alami dan masih asri. Udara yang berhembus juga sangat sejuk, pantas saja jika disebut paru-paru kota. Terdapat pohon besar yang tumbuh, seperti damar, merbau, meranti dan jenis lainnya. Rata-rata pohon tersebut memiliki tinggi sekitar 20-30 meter dengan diameter 50 cm. Ada pula bunga bangkai yang mekar pada pertengahan tahun. Terdengar kicauan burung yang bersahut-sahutan, suara kodok dan kura-kura yang membuat ramai suasana, serta suasana alami yang membuat pikiran Anda nyaman berada di hutan ini. Segarnya air yang ada dapat Anda dapatkan untuk mencuci muka setelah berjalan-jalan dalam waktu yang lama.

WISATA PENDIDIKAN

Selain pengunjung yang umum datang di tempat ini, para pelajar dan mahasiswa juga datang untuk belajar mengenal serta mencatat jenis flora dan fauna yang ada. Banyak pula yang belajar membuat pupuk organik, membandingkan jenis daun dari beberapa pohon dan juga melakukan kegiatan outbond. Tak jarang jika banyak anak desa yang datang untuk bermain permainan tradisional di hutan ini.

DIJAGA OLEH PEMUDA

Komplek hutan ini dijaga oleh organisasi pemuda yang siap membantu Anda jika memerlukan bantuan. Bantuan yang biasanya mereka butuhkan adalah untuk memasak makanan. Mereka menyediakan kompor dan peralatan memasak lainnya untuk membantu Anda memanggang ikan atau ayam yang Anda bawa. Bisa juga bantuan lainnya, misalnya untuk bertanya-tanya tentang tumbuhan apa saja yang ada di daerah itu dan sebagainya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Lokasi hutan ini berada di jarak 3 kilometer dari kota Langsa. Tepatnya berada di Jalan Perumnas, Desa Paya Bujok Suleumak, Langsa Baro. Anda dapat menuju ke lokasi dengan beberapa alternatif transportasi. Bagi yang datang ke lokasi dengan kendaraan pribadi, silahkan melintasi Jalan Jenderal Ahmad Yani yang ada di kota Langsa. Jalan terus saja sampai di simpang tiga, kembali melaju lurus hingga masuk ke Jalan Langsa-Karang Baru. Tidak jauh dari situ terdapat Jalan Perumnas yang merupakan lokasi dimana hutan ini berada.

Kalau Anda menggunakan angkot, terlebih dahulu pergilah ke terminal kota Langsa. Naik angkot tersebut dengan jurusan Terminal-Perumnas. Jangan lupa untuk memberi tahu sopir bahwa Anda akan berhenti di depan hutan kota. Tarif untuk menuju tempat ini menggunakan angkot adalah Rp3.000-Rp5.000,-.

Selalu bawa P3K untuk persediaan jika terjadi sesuatu pada Anda, seperti digigit nyamuk, terkena ranting dan sebagainya. Nah, karena hutan merupakan tempat yang penting untuk kelangsungan hidup manusia, jangan merusaknya, ya. Jagalah kebersihan yang ada di sekitar hutan tersebut. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY