Berwisata ke Segara Anak Rinjani nan Elok

0
491

Berwisata ke Segara Anak Rinjani nan Elok – Kalau sedang berpetualang di Lombok, tak ada salahnya mengunjungi tempat satu ini. Segara anak adalah danau dari kawah gunung Rinjani. Tak perlu diragukan lagi panorama yang dapatdidapatkan dari danau yang satu ini. Banyak kegiatan yang menarik yang dapat dilakukan di segara anak ini. Di danau segara anak ini terdapat macam ikan dari mulai ikan nila, mas, dan ikan mujair. Ikan-ikan ini sebenarnya bisa dikembangbiakkan oleh anggota pemerintah dan juga oleh masyarakat setempat untuk menambah hal yang bisa menarik wisatawan  dari danau segara anak. Jangan lupa kalau ingin mengunjunginya bisa menyewa peralatan pancing bagi yang tertarik  mendaki gunung Rinjani dan juga danau segara anak.

Lokasi danau

Lokasi dari danau yaitu berada di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Nama Segara Anak  artinya adalah anak laut. Hal ini seolah untuk mengingatkan untuk tempat  danau laut. Ini bisa disaksikan saat mendaki gunung Rinjani yang amat tersohor tersebut. Danau laut ini merupakan sebuah danau yang terletak di kaldera gunung Rinjani 

Danau ini terletak lebih tepatnya di Desa Sembalun LawangLombok, Nusa Tenggara Barat. Arti dari segara anak berarti anak laut yang dipercaya bahwa danau itu  dari laut yang terpecah dan membentuk sebuah pulau. Hal ini di dasari warna danau segara anak itu berwarna biru laut. Letak danau laut ini berada kurang lebih 2000 mdpl. Jika ketinggian gunung Rinjani  (3726 Mdpl), maka sebelum sampai puncak kita akan disuguhi keindahan segara yang sangat menakjubkan. umumnya biasanya tour Guide akan mengajak kita agar bisa bermalam di area segara anak.

Mitos yang beredar

Di dekat danau ini terdapat pohon yang sangat keramat bagi masyarakat sekitar. Mitos yang berkembang adalah pohon tersebut bisa membawa peruntungan. Bagi masyarakat setempat bila adakeinginan, kita dapat menggantungkan batu dan memohon permintaan. Namun mitos tetaplah mitos. Semua itu hanya kepercayaan saja. Kita boleh percaya atau tidak.

Keindahan yang ditawarkan

Bagi anda yang suka dengan tantangan namun kurang yakin untuk naik ke puncak gunung, anda dapat menyaksikan dan bermalam di danau laut ini. Pemandangan danau yang berwarna biru laut dan juga tebing di pinggirnyamenambah takjub mata anda. Segara anak adalah kaldera sisapeninggalan peristiwa gunung Rinjani yang telah meletus. Banyak wisatawan asing maupun luar negeri yang berkunjung untuk melihat pemandangan danau. Danau laut ini mempunyai luas dengan ukuran 1.100 ha dengan kedalaman kurang lebih  230 m.

Bagi anda yang ingin ke Segara anak, lebih baik anda menyiapkan logistik seperti peralatan makan, bahan makanan, dan juga berbagai keperluan pribadi. Jangan sampai anda merusak alam dengan meninggalkan sampah di area segara anak.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY