Berlibur Sejenak di Pulau Teulaga Tujoh

0
1053

Berlibur Sejenak di Pulau Teulaga Tujoh – Pulau ini merupakan pulau yang padat penduduknya dan satu-satunya yang ada penghuninya dibanding pulau lain yang berada di sebelahnya. Di tengah pulau terdapat desa yang bernama sama dengan pulau itu. Desa ini luasnya sekitar 4 hektar dan ditinggali 700 kepala keluarga. Pulau yang indah tersebut saat ini menjadi objek wisata yang sering dikunjungi baik wisatawan dari kota itu maupun di luar daerah.

SEJARAH

Konon nama pulau ini adalah Pulau Pusong. Terdapat legenda yang membuat nama pulau ini berubah menjadi Teulaga Tujoh. Terdapat tujuh Aulia yang bermukim di pulau kecil sebelah pulau ini. Para Aulia sering mandi di telaga yang ada di pulau tersebut. Namun, telaga tersebut kini tidak dapat ditemukan. Menurut cerita, telaga tempat mandi para Aulia itu hanya dapat dilihat oleh orang yang tersesat di pulau itu dan memiliki sifat yang baik. Pulau itu dirubah namanya untuk mengenang para Aulia yang berjiwa mulia dan banyak memberi kebaikan.

PERJALANAN DAN WISATA

Dijamin Anda tidak akan bosan menyusuri perjalanan menuju pulau tersebut. Sepanjang jalan, Anda akan disuguhi pemandangan pohon bakau di sebelah kanan dan kirinya. Saat menyeberang pun Anda akan melihat hamparan hutan bakau tersebut lagi. Dan setibanya di pulau, akan terdapat rumah-rumah panggung penduduk serta kapal nelayan karena memang sebagian penduduk pulau itu, bermata pencaharian sebagai nelayan. Pulau berpasir tersebut ditanami berbagai macam tanaman, seperti kacang laut, daun katang-katang, mangrove dan tumbuhan Bintagur. Ada pula hewan bangau yang terbang bebas serta beberapa hewan lain seperti elang, burung camar, kera, burung raja udang dan masih banyak lagi.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pulau Teulaga Tujoh berada di timur kota Langsa dan berbatasan dengan Selat Malaka. Pulau ini tepatnya berada di Kecamatan Langsa Timur dengan jarak sekitar 18 km dari pusat kota. Jika disebutkan secara terpisah jaraknya, yaitu 8 km untuk menuju ke pelabuhan dan sekitar 10 km untuk menyebrang ke pulau tersebut. Waktu yang diperlukan untuk perjalanan Anda tersebut adalah satu jam.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Kalau pilihan pertama yang Anda pilih, silahkan berangkat dari pusat kota Langsa kemudian melintasi Jl. Ahmad Yani ke kota Manyak Payed. Setelah itu ada simpang tiga dan berbeloklah ke kiri menuju Jl. H.Agus Salam sampai bertemu simpang tuga. Belok kiri menuju pelabuhan Kuala Langsa hingga sampai di lokasi tersebut. Namun, jika Anda menggunakan kendaraan umum, silahkan ke terminal Langsa dan sopir akan mengantarkan Anda ke lokasi dengan ongkos sekitar Rp3.000-Rp10.000,-.

MENYEBRANG

Sesampainya di pelabuhan, Anda dapat menyebrang ke pulau Teulaga Tujoh yang berjarak sekitar 10 km tersebut menggunakan boat atau perahu mesin. Ongkos untuk sampai ke pulau itu, sekitar Rp20.000-Rp30.000 per orangnya.

Itulah referensi yang bisa diberikan dari Pulau Teulaga Tujoh. Semoga liburan Anda bermakna dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY