Berwisata Dengan Menikmati Keindahan Gugusan Pulau Anambas

0
1011

Berwisata Dengan Menikmati Keindahan Gugusan Pulau Anambas – Anambas merupakan sebuah kabupaten yang menjadi kepulauan tropis dengan luas sekitar 46.667 km2. Lokasi pulau ini berada di Laut Cina Selatan, dan termasuk dalam kepulauan di tapal batas terdepan kawasan NKRI dan sisi perairan luarnya dilalui hampir 90% kapal Internasional.

DESKRIPSI

Kepulauan Anambas ini termasuk bagian Provinsi Kepulauan Riau serta hasil pemekaran Kabupaten Natuna. Di dalamnya terdapat 255 pulau, 26 di antaranya sudah berpenghuni kira-kira 45.500 jiwa. Kepulauan ini didominasi oleh lautan dengan 7 kecamatan yang tersebar di Palmatak, Jemaja dan Siantan yang merupakan pulau besar di Anambas. Kepulauan tropis ini menjadi urutan teratas dari beberapa pulau tropis yang ada di Asia pada tahun 2013 oleh CNN.com.

WISATA

Di pulau Anambas ini, Anda dapat menikmati keindahan laut biru yang membentang dengan beberapa laguna di sekitarnya. Garis pantai yang dimiliki pulau ini pun kurang lebih 2 km. Beberapa titik penyelaman dengan beragam biota laut dapat Anda jumpai di sana. Sepanjang 8 km, Anda akan melihat barisan pohon kelapa, serta sejumlah pulau yang menjadi tempat hidup para penyu, yakni Pulau Mangkai dan Keramut.

Beberapa pulau yang terbentuk dari gugusan pulau di tengah laut adalah Pulau Bawah, Pulau Rongkat, Pantai Selat Rangsang dan Pantai Pulau Penjalin. Kalau air laut surut, Anda bisa melihat pulau-pulau tersebut tersambung oleh gundukan pasir yang membentuk pembatas antara air laut dalam dan luar gugusan pulau. Dasar laguna yang ada di situ memiliki terumbu karang yang tersebar di beberapa titik.

PULAU DI ANAMBAS

Semua pulau yang ada di Anambas memiliki keindahan tersendiri, mulai dari pasir putihnya, air laut jernih dan dangkalnya serta terumbu karang dengan aneka jenis ikan. Dari air laut yang dangkal tersebut Anda bisa melihat dasar laguna serta ikan-ikan karang. Anda bisa menjelajahi pulau di sekitarnya dengan menggunakan speedboat. Ongkosnya sekitar Rp100.000-Rp300.000, tergantung negosiasi Anda dengan yang menyewakannya.

Datang ke Pulau Penjalin dengan laguna yang memukau di Palmatak. Pulau Selat Rangsang yang memiliki pemandangan laut menawan. Pulau Bawah yang disebut-sebut CNN.com sebagai pulau tropis yang terbaik di Asia. Pulau Durai dengan konservasi penyu yang menarik. Pantai Tanjung Momong dan Pasir Manang yang ada di Pulau Siantan dengan kejernihan air laut yang membentang juga pasir putih yang menghampar luas. Anda bisa snorkeling dan berkano di beberapa pulau tersebut. Di Pulau Siantan sendiri Anda bisa melihat Vihara Gunung Dewa serta Masjid Jamik yang bersejarah.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pulau ini terletak di perairan Laut China Selatan yang cukup jauh dari pulau-pulau utama di Indonesia. Untuk menuju Pulau Anambas, Anda bisa menggunakan jalur udara melalui beberapa maskapai di kota besar di Indonesia menuju ke Tanjungpinang, tepatnya pulau Bintan. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan penerbangan dengan Nusantara Air Charter ke Matak Airport di kecamatan Palmatak. NAC berkapasitas 48 dengan tarif Rp1.200.000 dan beroperasi setiap hari. Dari sana, Anda bisa pergi ke pelabuhan menggunakan mobil ataupun taksi menuju ke Tarempa dengan speedboat atau perahu. Tarifnya sekitar Rp30.000/orang.

Kalau ke Anambas jangan lupa mencicipi kuliner khasnya, yaitu nasi lemak. Nasi dengan rasa yang khas ini bisa Anda jadikan sebagai sarapan pagi. Tapi, Anda tetap jangan lupa membawa bekal, ya. Selamat berlibur dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY