Berwisata Di Pulau Bintan Dengan Segala Kelapangannya

0
1988

Berwisata Di Pulau Bintan Dengan Segala Kelapangannya – Pulau Bintan merupakan pulau terbesar yang ada di Kepulauan Riau. Pulau ini melebar dari Malaka hingga ke Laut Cina Selatan. Pulau Bintan juga memiliki sekitar 3.000 pulau besar maupun kecil yang membentang mulai dari seberang Singapura dan Johor Baru, Malaysia. Pulau ini merupakan tempat persinggahan favorit kapal dagang dari Tiongkok dan India untuk berlindung dari badai serta mengisi perbekalan.

SEJARAH

Karena keindahan pulaunya, sekitar abad ke-18 Bintan diperebutkan oleh para pedagang dari Portugis, Eropa, Inggris dan Belanda. Pada saat itu, pulau tersebut dikuasai oleh Kesultanan Johor-Riau. Akhirnya pada tahun 1884, Belanda dan Inggris menutup pertarungan dengan menandatangani treaty of London yang lalu menjadikan wilayah teritoris utara Singapura menjadi milik Inggris dan yang bagian selatan menjadi milik Belanda. Sejak saat itulah wilayah Singapura bagian selatan dan utara dipisahkan.

Beberapa dekade kemudian, hubungan persahabatan Indonesia dan Singapura membaik dengan disetujuinya perjanjian untuk membantun kepulauan Bintan bersama-sama. Hal itu akan menguntungkan kedua negara dalam Zona Perdagangan Bebas Batam, Bintan. Perjanjian tersebut menghasilkan pembangunan Bintan Resort yang saat ini banyak dikunjungi wisatawan tersebut.

BINTAN RESORT

Bintan Resort merupakan destinasi wisata teratas yang ada di sini. Objek wisata berupa pantai dengan luas 23.000 ha di atas pasir putih ini menghadap ke Laut Cina Selatan. Pulau ini pun memiliki history yang memukau di Tanjungpinang serta Penyengat. Di sini dapat Anda temukan lokasi surfing, ekowisata serta event internasional lainnya.

FASILITAS BINTAN RESORT

Selain beberapa fasilitas yang sudah disebutkan sebelumnya, Bintan Resort memiliki fasilitas lain yang bisa dibilang sangat menarik. Apa saja? Yaitu, hotel-hotel berbintang, lapangan golf kelas dunia dengan arsitektur internasional yang berjumlah lima buah lapangan. Bahkan di antaranya adalah yang terbaik di Asia. Coba saja ke lapangan golf The Jack Nicklaus Sea View Golf dan Ian Baker-Finch Woodlands Golf dengan pemandangan hijaunya. Lalu ada spa, serta wisata pantai yang beragam.

SPOT LAINNYA

Bintan merupakan pulau yang sangat menarik. Di dalamnya terdapat beberapa wisata atau spot yang istimewa pula. Anda bisa menikmati wisata sejarah dan budaya, mulai dari Istana Kota Piring yang ada di Pulau Biram Dewa, Melayu Kota Piring, Tanjung Pinang Timur. Atau Anda juga bisa pergi ke Tugu Pensil dan Gurindam Gubahan Raja Ali Haji yang merupakan ikon Tanjung Pinang.

KULINER DAN PERNAK-PERNIK

Kalau Anda ke Bintan, jangan lupa mencicipi seafood segar, ikan kukus, gong gong atau keong mutiara. Makanan terakhir tersebut merupakan makanan khas Kepulauan Riau dan dapat Anda jumpai di Bintan dan Batam. Silahkan pula membeli kue batang buruk, makanan khas Kepulauan Riau yang sudah ada sejak dulu. Snack bilis gulung, kerupuk otak-otak, abon ikan dan masih banyak lagi. Mampir juga membeli kerang atau souvenir lainnya di dekat pantai dan di toko-toko yang ada di Pulau Bintan

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pulau Bintan terletak di Semenanjung Selatan Malaysia. Lokasinya sangat strategis berada di mulut Selat Malaka. Kalau Anda ingin mengunjungi pulau ini, silahkan menggunakan kapal feri yang berangkat dari terminal feri Tanah Merah Singapura menuju terminal Bandar Bentan Telani Lagoi. Kapal feri tersebut juga berangkat dari Singapura ke terminal feri Tanjungpinang, Sri Bintan Pura. Jika Anda dari dalam negeri, silahkan menggunakan penerbangan dari beberapa maskapai seperti Sriwijaya Air dari Jakarta.

Berkunjung ke Kepulauan Riau memang tidak lengkap kalau tidak datang ke Pulau Bintan. Selamat berwisata dan jangan lupa mempersiapkan semua perlengkapan yang diperlukan. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY