Berwisata di Pulau Penyengat Beberapa Saat

0
663

Berwisata di Pulau Penyengat Beberapa Saat – Pulau Penyengat merupakan pulau kecil yang ada di Tanjungpinang. Pulau ini dijadikan pusat pemerintahan Kesultanan Johor-Riau pada abad ke-18. Istana yang ada di dalamnya merupakan perpaduan Jawa dan Belanda yang telah direnovasi setelah berpuluh-puluh tahun terbengkalai. Pulau ini berada di tengah laut dan mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan.

DESKRIPSI

Pulau yang memiliki nama lengkap Pulau Penyengat Indera Sakti ini memiliki ukuran sekitar 2,5 km x 0,75 km. Kenapa dinamakan penyengat? Karena pada zaman dahulu pulau ini menjadi persinggahan para pelaut yang ingin mengambil air tawar sebagai bekal berlayar. Pada saat seorang saudagar akan mengambil air tersebut, tiba-tiba ia disengat lebah yang tinggal di sebagian pepohonan. Menurut cerita masyarakat, dari situlah asal usul nama ‘penyengat’.

Penduduk pulau ini adalah keturunan Melayu dengan bahasa Melayu Riau. Mayoritas dari mereka adalah penganut agama Islam yang taat dan menjunjung tinggi kesopanan serta tata krama. Pulau ini tidak memiliki jalan besar, karena itu Anda tidak dapat menemukan kendaraan roda empat. Sebagian besar kendaraan yang berwara-wiri di pulau ini adalah becak dan sepeda motor. Dengan penunjuk jalan berbahasa Indonesa serta huruf Arab gundul, diharapkan Anda bisa memahaminya.

KOLEKSI PULAU PENYENGAT

Sudah dijelaskan di awal, bahwa Pulau Penyengat dulunya adalah pusat atau lokasi pemerintahan Kesultanan Johor-Riau. Jadi, tidak heran jika Anda akan banyak menemukan berbagai peninggalannya seperti Kompleks Pemakaman Keluarga Kesultanan, Masjid Raya Sultan Riau, Makam Pahlawan Nasional Raja Ali Haji, Balai Adat dan lain sebagainya.

WISATA

Pulau ini memang tergolong kecil jika dijadikan tempat wisata. Akan tetapi, saat ini Pulau Penyengat sudah menjadi salah satu tujuan wisata unggulan di Kepulauan Riau. Kalau Anda ke sini, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat yang sudah disebutkan di Koleksi Pulau Penyengat, seperti Masjid Sultan Riau yang memiliki berbagai koleksi kuno dan antik di dalamnya. Kompleks Pemakaman Keluarga Sultan yang berada di daerah Dalam Besar. Beberapa keluarga Kesultanan Johor Riau dimakamkan di sini. Lalu ada juga Balai Adat dengan arsitektur Melayu yang menjadi pusat kegiatan masyarakat seperti musyawarah sampai acara pernikahan.

Dengan menyewa ojek atau becak motor, Anda bisa berkeliling ke seluruh Pulau Penyengat selama kurang lebih satu jam. Ongkos yang Anda butuhkan mulai dari Rp20.000,-. Lebih enak, bukan?

FASILITAS

Pulau Penyengat memiliki berbagai fasilitas yang dapat mendukung liburan Anda, seperti rumah makan sederhana yang menyediakan masakan khas Melayu. Beberapa penginapan sederhana juga bisa Anda gunakan untuk beristirahat. Namun, jika Anda ingin menginap di hotel silahkan pergi ke Jalan D.I.Panjaitan Km.6 Tanjungpinang, disitu terdapat Pelangi Hotel & Resort.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pulau Penyengat berjarak sekitar 3 km dari Tanjungpinang. Anda bisa menggunakan speedboat dengan tarif Rp10.000/orang atau Rp80.000 untuk beberapa orang. Anda juga bisa menggunakan kapal feri dari Singapura yang sudah disediakan Pelabuhan Tanah Merah. Dengan perjalanan kurang lebih 2 jam Anda sudah sampai ke Pulau Penyengat.

Itulah tadi sedikit referensi untuk berwisata ke Pulau Penyengat, Kepulauan Riau. Semoga wisata Anda menyenangkan dan selalu diberi keselamatan. Sampai jumpa di destinasi berikutnya, salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY