Berwisata Ke Papua Dengan Berkunjung  ke Danau Paniai

0
601

Berwisata Ke Papua Dengan Berkunjung  ke Danau Paniai – Danau Paniai merupakan danau yang terdapat di Provinsi Papua tepatnya berada di wilayah Kecamaan Paniai timur Kabupaten Paniai. Jika berkujung ke Papua maka tempat wisata satu ini juga patut untuk anda kunjungi saat berlibur dengan keluarga. Danau ini memliki air yang sangat biru dan dikelilingi banyak pepohonan rimbun yang masih hijau dan sangat memanjakan mata anda yang suklit anda temui di kota. Bagi para wisatawan lokal atau mancanegara mereka akan menelusuri bagian-bagian danau, dengan luas sekitar 14.500 hektar dan berada di ketinggian mencapai 1.700 meter diatas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, maka kawasa ini memiliki suhu yang dingin tapi sejuk. Namun yang bisa anda nikmati tidak hanya pemandangan birunya air danau tersebut, namun anda juga bisa menikmati indahnya anekarragam ikan air tawar dan udang.

Sebelum membicarakan terkait kekayaan alam di Danau Paniai tersebut, alangkah baiknya kita mengingat masa sejarah dari Danau Paniai terlebih dahulu. Sebenarnya Danau Paniai ini tidak hanya sendiri namun disekitar danau juga masih terdapat dua danau yang bernama Danau Tigi dan Danau Tage dari semua danau tersebut diberi satu julukan ialah Wissel Meeren. Nama Wissel Meeren tersebut diambil dari pertama yang menemukan danau tersebut ialah seorang pilot berkebangsaan Belanda yakni Meeren yang pada tahun 1938 ia melintas diatas danau. Wissel Meeren diambil dari bahasa Belanda yang memiliki arti ialah danau-danau Meeren.

Fasilitas

Dengan berlibur di Danau Paniai ini anda bisa menikmati beberapa fasilitas seperti pemandu wisata, pos jaga, persewaan peralatan memancing, persewaan perahu, dan beberapa warung yag ada disekitar Danau Paniai tersebut. Untuk akomodasi bagi wisatawan yang ingin menginap, wisatawan bisa menyewa rumah-rumah penduduk di sekitar danau. Selain itu juga untuk menuju ke Danau Paniai yang sudah tentu jalan menuju danau dangat terjal dan berkelok-kelok, maka pengunjung bisa menggunakan mobil dengan jenis Strada dari kota Enarotali. Jika anda memilih jalur udara, maka bisa menggunakan fasilitas udara menggunakan pesawat degan jenis Cessna yang akan mendarat di dataran tinggi dan dengan landasan masih tanah.

Mengenal Satwa

Saat menulusuri Danau Paniai tersebut anda tidak hanya menikmati pemandangan danau dengan air yang biru dan luasnya danau, namun anda juga bisa belajar mengenal ikan-ikan yang terdapat di danau dengan jenis yang berbeda. Jenis ikan air tawar yang terdapat di danau tersebut ialah ikan mujair, ikan nila, ikan belut, ikan sembilan hitam dan ikan pelangi yang sangat indah dan mahal. Selain itu juga ada udang yang saat ini banyak penggemar bagi mereka yang suka makan aneka seafood, udang ini diberi nama udang selingkuh, dengan nama yang unik tersebut udang ini memiliki postur yang cukup besar dengan capit yang sangat besar seperti kepiting.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY