Berwisata ke Pulau Molana yang Eksotis

0
911

Berwisata ke Pulau Molana yang Eksotis РIndonesia adalah negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau kecil yang sangat banyak. Bahkan, sangat banyaknya pulau di negara kita, ada beberapa di antaranya belum memiliki nama. Tak hanya terpencil, pulau pulau yang tersebar  di Indonesia adalah pulau yang memiliki daya tarik yang luar biasa. Kita bahkan tak menyangka berada di Indonesia. Kalau kita sedang berlibur di suatu pulau yang masih bebas dari penduduk tentu terasa sangat menyenangkan sekali bukan?

Lokasi Wisata

Maluku adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak ragam budaya. Selain makanan khas, tarian khas, dan juga budaya lokal yang khas, Maluku memiliki pesona alam yang sungguh luar biasa indah. Salah satu kebanggaan provinsi Maluku adalah pulau Molana. Pulau Molana adalah pulau yang berada di kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Pulau Molana sebenarnya adalah gugusan sebuah karang yang mencuat ke permukaan laut sehingga pulau Molana ini menjadi sebuah daratan. Pulau Molana ini memiliki batas dengan Ambon. Batas pulau Molana yakni haruku dan pulau Nusa Laut. Pokoknya daerah di Maluku ini wajib dikunjungi bagi anda yang hobi travelling apalagi Indonesia itu luas sekali. Jangan kalah dengan wisatawan luar yang sudah mengeksplor kawasan indah Indonesia bagian barat ini.

Kepemilikan Pulau Molana

Pulau Molana ini dimiliki oleh tiga marga. Marga yang memiliki pulau Molana antara lain adalah: marga Kainama, marga Kaya, dan marga Sousia. Ketiga marga itu adalah brasal dari marga Haria. Sistem marga memang dianggap penting bagi warga Maluku.

Keunikan dari pulau ini adalah kelembutan pasir pulau Molana yang luar biasa. Sampai sampai karena lembutnya, pasir pulau Molana bisa berpindah secara massif karena faktor angin. Faktor angin inilah yang membuat pasir pulau Molana berpindah sesuai musim. Kalau musimnya angin timur pasir pulau Molana akan berpindah ke barat.

Pokoknya pulau Molana ini bisa dijadikan destnasi wisata anda selanjutnya. Pulau yang ada di Indonesia harus dilindungi dan diberdayakan. Jangan sampai kasus seperti Sipadan dan Ligitan terulang kembali. Jangan sampai pulau di bumi pertiwi hilang dari kepemilikan nusantara dan berpindah ke tangan negara lain. Jangan membuat kerusakan juga kepada alam. Alam selalu memberikan dampak positif kepada kita kalau kita juga memperlakukan alam dengan baik.

Tips Menjaga Alam

Salah satu bukti nyata bahwa kita menjaga alam adalah dengan tidak membuat alam rusak. Contoh nyata apabila kita berkunjung ke pulau Molana tidak membuang sampah atau meninggalkan sampah disana. Tidak mengambil apapun dari alam secara sembarangan. Banyak hal yang bisa kita lakukan di pulau Molana, bermain pasir, olahraga pasir, atau sekadar berkemah bersama teman atau sahabat yang pasti sangat menyenangkan dan juga tak pernah terlupakan.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY