Berwisata Ke Pulau Pombo, Tak Berpenghuni Namun Sering Dikunjungi

0
687

Berwisata Ke Pulau Pombo, Tak Berpenghuni Namun Sering Dikunjungi – Provinsi Maluku yang terletak dibangian Indonesia Timur merupakan daerah yang dikenal memiliki banyak pulau dalam wilayhnya sehingga julukan Provinsi Seribu Pulau pun melekat untuk Maluku.  Yang menjadi daya tarik sekaligus andalan dari Maluku adalah potensi wisata bahari yang indah yang salah satunya terletak di Pulaun Pombo. Pulau tersebut secara administrative terletak pada sekitar Timur Laut Ambon yang masuk dalam wilayah Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah dengan ketinggian daerah sekitar 0 hingga 4 meter dari permukaan laut dimana kawasan tersebut tak berpenghuni.

Keindahan

Namun jangan salah, Pulau Pombo memiliki keindahan bahari yang tak kalah dengan tempat lainnya berupa air laut yang sangat jernh disertai ekosistem bawah laut yang masih terjaga. Pesona yang ditawarkan meliputi beragam terumpu karang dengan dilengkapi flora maupun fauna laut sehingga tempat tersebut sangat cocok bagi yang memiliki hobi menyelam atau snorkeling maupun bagi yang ingin sekidar menikmati keindahan alamnya saja yang akan lebih dimanjakan dengan hamparan pasir pantai berwarna putih nan bersih. Pulau tersebut dilindungi lantaran masuk dalam kawasan cagar alam Taman Pulau Pombo.

Transportasi

Untuk mencapai Pulau Pombo juga tidak sulit, anda dapat menggunakan perahu kecil nelayan yang berangkat dari Pulau Honimua, Ambon yang membutuhkan waktu perjalanan sekitar 15 menit dengan jarak kurang lebih lima KM. Karena pulau tersebut tak berpenghuni, acara wisata ke pulau tersebut seakan-akan tengah berada dipulau indah milik sendiri. Saat memandang pulau itu, mata seperti tengah melihat keindahan lukisan Sang Pencipta yang begitu menawan berupa air laut yang jernih, hamparan pantai yang indah, pepohonan yang masih alami disekitar pulau, ditambah dengan suara burung terbang yang semakin melengkapi mimpi anda dalam menggambarkan surga Indonesia.

Karena tak berpenghuni saat mencapai bibir pantai kapal tak bisa berlabuh dengan sempurna lantaran belum tersedianya dermaga. Kapal biasanya akan diikat pada batang pohon disekitar pantai dan penumpang harus turun untuk meneruskan jalan kaki menyusuri tepi pantai. Namun dijamin keindahan Pulau Pombo dan laut sekitar akan mampu menghilangkan rasa capek saat berjalan. Selain Pulau Pombo, juga terdapat dua pulau kecil disekitarnya. Namun saat air laut tengah surut, ketiga pulau tersebut akan nampak seperti bersatu.

Sejarah

Menurut sejarah masyarakat, pemberian nama Pombo dahulunya beasal dari Portugis yang berarti merpati. Oleh Pemerintah Maluku, pulau tersebut memang dijadikan kawasan konservasi bagi sejumlah jenis flora maupun fauna. Oleh karena itu, Pemerintah tak akan memberikan izin bagi orang yang hendak bermukim dipulau tersebut secara permanen. Beberapa pilihan wisata yang dapat dilakukan dipulau tersebut misalnya berkemah, outbond, wisata alam bawah laut berupa kegiatan snorkeling, studi wisata dengan melakukan penelitian terhadap jenis flora dan fauna yang dilindungi disana, ataupun hanya ingin mencari suasana alam yang masih asri untuk berwisata maupun melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY