Berwisata Ke Pulau Rumberpon

0
1050

Berwisata Ke Pulau Rumberpon – Banyak sekali tempat-tempat wisata yang dapat kita kunjungi dan bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk liburan kita. Tahukah kamu Indonesia itu indah mulai dari ujung barat hingga ujung timur. Tidak ketinggalan juga pulau-pulau kecil yang berda di Indonesia. Salah satu pulau yang memiliki daya tarik yang menawan untuk dapat dikunjungi adalah Pulau Rumberpon.

Lokasi

Pulau Rumberpon berada di bagian utara Kabupaten Teluk Wondama. Tepatnya yaitu berbatasan langsung dengan Kabupaten Wanokwari. Untuk dapat mencapai Pulau Rumberpon, dari Wanukwari Anda dapat melaui jalur laut dengan menggunakan longboat selama 5,5 jam. Alternatif lain yaitu melalui jalan darat dari Wanukwari menuju Ransiki (memakan waktu kurang lebih 3 jam), kemudian dilanjutkan melalui jalur laut dari Ransiki ke Pulau Rumberpon menggunakan loangboat dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk dapat sampai di sana.

Beberapa Keindahan Di Dalamnya

Ketika berkunjung ke Papua tidak akan lengkap apabila Anda tidak berkunjung ke Pulau Rumberpon. Pulau ini memancarkan berbagai macam keindahan Papua, hal ini dapat Anda lihat dengan berbagai biota laut yang ada. Pulau dengan garis pantai yang cukup panjang ini menawarkan pesona air laut yang begitu jernih dengan dasar laut yang landai hingga sepanjang 100 meer ke tebing dan struktur perairan yang relatif tenang dapat menambah eksotika pulau ini.

Di Pulau ini juga terdapat rataan terumbu karang 9 reef flat sepanjang perairan di pulau ini dan di sepanjang pantai. Hampir seluruh pulau ini disebari dengan hamparan terumbu karang yang indah. Tahukah Anda bahwa di Pulau Rumberpon memiliki karang yang berkelas dunia sehingga cocok untuk melakukan diving melihat alam bawah lautnya.

Tak kalah hebatnya, pulau ini juga memiliki pantai yang menawan, yaitu Pantai Pasir Putih Panjang, Pantai ini dihiasi oleh pasir kuarsa putih yang cantik, sedikit mengkilap, halus dan juga tidak berkarang. Panjang Pasir Putih Pnjang mencapai 6.000 meter. Selama Anda berada si kawasan perairan di sekitar Pulau Rumberson, Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan, misalnya snorkeling, scuba, diving, selancar angin,ski air, dan memancing.

Kegiatan Yang Bisa Di Lakukan 

Kegiatan lain yang bisa dilakukan yaitu pengamatan burung, antara lain elang laut, dan satwa khas lainnya seperti kaskus. Terdapat keunikan lain di Pulau Rumberson yaitu sebuah padang alang-alang di tempat ini yang cukup luas. Biasanya alang-alang itu hanya dapat tumbuh di tanah, tetapi lain hal nya alang-alang di sini. Padang alang-alang di Pulau Rumberpon dapat tumbuh di atas pasir pantai dan dapat memberikan kehidupan untuk  satwa burung rusa (Cervus timorenses). Selain padang ilalang, Pulau Rumberpon memiliki sebuah habitat mangrove dan padang lamun, yang menjadi habitat duyung dan juga penyu laut. Berkunjung ke Manokwari tak akan lengkap kiranya tanpa berkunjung ke Pulau Rumberpon.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY