Berwisata ke Taman Nasional Gunung Leuser

0
889

Berwisata ke Taman Nasional Gunung Leuser – Taman Nasional Gunung Leuser atau biasa disingkat dengan TNGL merupakan objek wisata yang ditetapkan pada 1980 oleh pemerintah sebagai wisata cagar alam. TNGL juga merupakan salah satu paru-paru dunia sejak tahun 2004 dan sudah terdaftar di UNESCO sebagai situs warisan dunia. Tempat ini memiliki ketinggian 3404 mdpl dengan luas lahan lebih dari 1 juta hektar.

SEJARAH

Pada tahun 1920, seorang peneliti dan ahli geologi Belanda, F.C. Van Heurn melakukan penelitian kekayaan alam minyak dan mineral di Aceh. Selama penelitian, dia malah bertemu para pemuka adat yang meminta supaya pemerintah Belanda memperdulikan ekosistem yang ada di Gunung Leuser. Keinginan masyarakat tersebut disampaikan oleh pemerintah Belanda dan mereka diajak berdiskusi bersama. Keinginan tersebut akhirnya terealisasi pada 1934. Banyak perkembangan yang terjadi sampai akhirnya diresmikanlah TNGL tersebut oleh pemerintah Indonesia.

HUTAN LEBAT

Seluruh kawasan TNGL ditutupi oleh hutan lebat Dipterocarpaceae dengan beberapa air terjun serta sungai. Tumbuhan yang langka dan khas adalah payung raksasa, bunga raflesia dan Rhizanthes zippelnii yang merupakan bunga terbesar yang memiliki diameter 1,5 meter. Terdapat tumbuhan lain, yaitu ara atau pencekik yang unik.

KEINDAHAN ALAM

Ketika Anda datang ke tempat ini, Anda akan melihat bermacam-macam keindahan, mulai dari danau, sungai, gunung dan pantai serta sumber air panas. Berbagai satwa dan fauna langka serta dilindungi juga hidup di tempat ini. Satwa tersebut seperti orang utan, kucing hutan, harimau Sumatera, badak dan gajah Sumatera dan masih banyak lainnya serta flora yang juga langka dan unik disini. Kekayaan buah-buahan tropis juga ada di tempat ini, seperti durian dan alpukat.

KEGIATAN

Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan disamping menikmati kekayaan alam yang ada adalah hiking dengan menelusuri tempat alami yang ada di Gunung Leuser. Selain flora dan fauna, di dalamnya juga terdapat gua kelelawar, kebun karet, sawah dan menikmati sungai Alas. Hal yang paling menantang adalah ketika melakukan pendakian.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Taman Nasional Gunung Leuser berada di Provinsi Aceh. Untuk menjangkau lokasi, Anda dapat menggunakan menggunakan pesawat (khusus yang berasal dari luar pulau Sumatera) kemudian transit di Medan. Sampai di Medan, gunakan transportasi darat, yaitu bus di terminal Pinang Baris menuju Bukit Lawang-Sumatera Utara. Mulai dari Bukit Lawang ini Anda akan menyusuri TNGL. Biaya perjalanan Anda sekitar Rp20.000-Rp50.000 untuk busnya. Namun, siapkan budget liburan yang lumayan untuk berjalan-jalan di TNGL dan lokasi wisata di Aceh lainnya.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Di sekitar Bukit Lawang, ada beberapa penginapan yang bisa Anda sewa jika berniat menginap. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, Anda dapat mencoba mengunjungi Bukit Lawang Cottages, Wisma Bukit Lawang Indah dan Jungle Inn.

Pendakian yang akan Anda lakukan mungkin membutuhkan waktu berhari-hari, jadi persiapkan mental dan fisik terlebih dahulu. Nah, selesai sudah info dari Taman Nasional Gunung Leuser. Kalau begitu salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY