Berwisata Ke Zona Bawah Laut Yang Menarik di Pulau Abang

0
753

Berwisata Ke Zona Bawah Laut Yang Menarik di Pulau Abang – Anda penggemar diving? Jika memang demikian, sudah kemana sajakah Anda? Nah, pulau Abang ini wajib Anda kunjungi, sebab di dalamnya tersimpan harta karun yang sangat menarik. Ya, lautnya menyimpan taman laut berikut kekayaan terumbu karang dengan ragam biota laut berwarna-warni lainnya. Silahkan saja datang ke Kepulauan Riau dan berkunjung di salah satu pulaunya, yaitu Pulau Abang ini.

DESKRIPSI

Sebagian besar pulau kecil yang ada di Pulau Abang adalah taman konservasi terumbu karang. Bahkan, pulau ini ditetapkan menjadi pusat penelitian bawah laut untuk terumbu karang atau Coral Reef Rehabilitations and Management Program (COREMAP). Di sini, Anda dapat menemukan spesies karang yang langka, yaitu blue coral yang sangat sulit ditemukan di tempat lain. Spesies tersebut hanya hidup di air jernih dengan kualitas baik. Beberapa jenis ikan seperti lencing, selar, kakap, pasir merah, buntal dan pinang juga bisa Anda jumpai di sini.

Pulau ini sendiri dihuni oleh lebih dari 400 jiwa dengan 100 kepala keluarga. Kalau dijumlahkan, kurang lebih ada 1.200 jiwa dengan 300 kepala keluarga yang menghuni pulau ini. Sebagian besar rumah penduduk juga terletak di dekat pantai serta memanjang membentuk garis pantai. Masyarakat Pulau Abang beberapa tahun ini dibina untuk menjaga terumbu karang. Sebab, keragaman laut tersebut menjadi aset pariwisata serta membantu perekonomian daerah.

WISATA

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa Pulau Abang menyimpan keragaman yang menarik. Yang lebih istimewanya lagi adalah, hanya dengan menyelam sejauh 15-18 meter, Anda sudah bisa menemukan koral indah serta biota laut lainnya. Selain itu, pada permukaan pulaunya juga sangat hijau karena masih dijaga kelestariannya. Perbukitan tanah liat dan batu granit mendominasi pulau ini. Anda juga bisa menjumpai ekosistem mangrove di bagian utara pantai.

Tiga pulau yang bisa Anda kunjungi di Pulau Abang ini adalah Pulau Abang Besar atau pantai Air Taung, Pulau Ranuh serta Pulau Pengalap. Anda bisa menuju ke beberapa pulau tersebut dengan kapal dari Pulau Galang Baru. Di sana, Anda juga bisa melakukan aktifitas seperti diving dan snorkeling. Terdapat 9 titik penyelaman yang belum diberi nama dan menyimpan aneka biota laut serta terumbu karang langka.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pulau Abang ada di selatan kota Batam, Kepulauan Riau. Jaraknya sekitar 50 km dari Muka Kuning, Batam. Anda dapat menuju ke lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa di agarn persewaan dari Batam. Perjalanan yang Anda tempuh kurang lebih 90 menit sampai di Jembatan 6 Barelang. Lanjutkan perjalanan Anda dengan menyebrangi Sungai Budus ke Pulau Abang yang memiliki jarak 12 km. Gunakan perahu boat atau bot pompong dengan tarif mulai dari Rp150.000/orang.

Jika Anda ingin datang untuk menyelam di Pulau Abang, silahkan memilih bulan Maret-Agustus atau September-November. Karena di bulan yang disebutkan pertama tadi, disebut Musim Angin Timur dan yang kedua adalah Musim Angin Barat. Dua musim tersebut memiliki kondisi arus bawah laut yang tidak terlalu kencang, jadi baik sekali untuk penyelaman Anda. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY