Berwisata Pantai Tanjung Kelayang Dengan Keseruannya

0
1311

Berwisata Pantai Tanjung Kelayang Dengan Keseruannya – Bangka Belitung disebut-sebut sebagai bumi Laskar Pelangi setelah film tersebut diputar di seluruh bioskop dan sukses menjadi kebanggaan penggemarnya. Kalau Anda pernah melihat pantainya, pasti Anda akan langsung tahu, sebab selalu dikelilingi batuan granit yang bersar di permukaan lautnya. Dengan air yang jernih serta terumbu karang yang masih indah juga turut disuguhkannya. Salah satu pantai yang memiliki keindahan tersebut adalah Pantai Tanjung Kelayang.

ASAL USUL

Ketika Anda melihat batu Garuda yang berdiri dengan gagah di pesisir pantai, Anda akan mulai tahu asal-usul pantai tersebut dinamakan Tanjung Kelayang. Sebab, batu itu berbentuk kepala burung, yaitu ‘kelayang’ yang merupakan nama salah satu jenis burung.

PANTAI TANJUNG KELAYANG

Pantai ini dengan segala keserasian alamnya yang ada merupakan tempat kapal-kapal menambatkan diri untuk menunggu wisatawan yang akan menyeberang ke pulau lain. Ketika Anda berkunjung ke sini, Anda akan disambut dengan keindahan pohon cemara dan pohon kelapa yang memagari teluk indah. Hamparan pasir yang sangat luas dengan ombak yang begitu ganas membuat Anda gemas ingin singgah lebih lama sebelum mengunjungi pulau lainnya.

Pelabuhannya, yaitu Tanjung Pandan Belitungpun ditetapkan menjadi salah satu pelabuhan di antara 18 yang ada di Indonesia yang diberi kemudahan untuk proses keluas masuk kapal wisata. Setiap tahun, pada bulan Oktober, pantai ini menjadi titik labuh yacht yang berlayar dalam kegiatan atau event Sail Indonesia. Berbagai festival dan lomba menarik diadakan di pantai ini, seperti festival maritim, lomba menyelam, lomba layang-layang, volli pantai se-ASEAN dan lain sebagainya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Untuk menuju ke pantai ini, Anda yang berasal dari luar kota bisa menggunakan penerbangan dengan maskapai seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Citilink. Kalau dari Bangka akan dihubungkan dengan Wings Air. Setelah sampai di Bandara H.A.S. Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Anda bisa menggunakan taksi untuk sampai di lokasi dengan ongkos sekitar Rp100.000 atau memilih untuk menyewa mobil dari rentalan dengan tarif kurang lebih Rp300.000-Rp450.000,-. Kalau Anda ingin mencoba jalur laut, silahkan menghubungi PT.Pelni dan memilih rute Bangka-Belitung, Jakarta-Belitung atau Pontianak-Belitung.

AKOMODASI

Sekitar 500 meter dari semenanjung pantai, Anda akan menemukan villa ataupun hotel dengan tarif mulai dari Rp170.000. Silahkan menginap di sana dan Anda pun bisa melihat pemandangan pantai dari kejauhan dengan sudut pandang yang berbeda.

Tapi, kalau Anda ingin berkeliling ke pulau-pulau lainnya, seperti Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar, Pulau Kepayang, Pulau Pasir dan masih banyak lagi, sewa saja klotok yang menawarkan tour hopping island ke beberapa pulau dengan tarif sekitar Rp300.000. Persewaan snorkeling juga tersedia untuk Anda yang hobi dengan kegiatan tersebut.

Lakukan apa yang ingin Anda lakukan. Berliburlah kemanapun yang Anda mau dan jadikan liburan tersebut sebagai moment terbaik di hidup Anda. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY