Berwisata Sembari Mengenal Sejarah di Museum Siwa Lima

0
559

Berwisata Sembari Mengenal Sejarah di Museum Siwa Lima – Kalian pasti menyukai jika di ajak berkeliling Indonesia mengunjungi tempat-tempat wisata yang sangat indah bukan? Karena negara kita ini memang menawarkan aneka pemandangan yang indah nan menakjubkan. Di Maluku, terdapat sebuah tempat wisata yang tak kalah menyenangkan jika anda kunjungi, bernama Museum Siwa Lima. Museum ini memberikan pelajaran sejarah bagi setiap pengunjungnya, dengan menghadirkan aneka koleksi sejarah yang sangat klasik. Mari simak uraian lengkapnya!

Lokasi

Museum Siwa Lima berada di area Taman makmur, desa Amahusu, Ambon. Museum ini berdiri pada 8 November 1973 dan mulai di resmikan pada 26 Maret 1977. Memiliki lokasi yang sangat strategis, yaitu terletak di atas bukit yang menghadap ke Teluk Ambon. Nama Siwalima berasal dari dua komponen kata, yaitu Siwa yang memiliki arti sembilan, mempunyai makna kumpulan dari sembilan kerajaan yang berada di wilayah selatan kota Maluku, dan kata Lima disadur dari kata Patalima yang berarti 5 kerajaan yang berada di wilayah Utara Maluku. Museum yang berusia hampir puluhan tahun ini menjaga warisan budaya agar tetap aman dan terhindar dari kepunahan. Segala yang di pamerkan dalam museum ini mencakup tentang perjalanan sejarah manusia, alam serta kebudayaan kota Maluku. Terdapat koleksi sebanyak 5228 buah, yang tersusun atas beberapa koleksi diantaranya: etnografika, sejarah, arkeologi, geologi, biologi, naskah-naskah kuno, keramik, seni hingga teknologi. Barang yang tersaji berupa miniatur atau replika, namun ada juga yang berbentuk benda sejarah asli.

Keunikan

Museum Siwa Lima memiliki dua bangunan, yang mana bagian pertama di isi oleh sejarah kelautan kota Ambon, memuat tentang benda-benda dan binatang laut, serta barang apa saja yang masih memiliki kaitan dengan dunia laut. Disini, memamerkan 3 buah kerangka ikan paus, yang setiap kerangka memiliki ukuran panjang yang berbeda, yaitu 9 meter, 17 meter sampai 19 meter. Ini akan menjadi pelajaran sejarah laut yang menyenangkan bagi buah hati anda, anda dapat mengajari tentang edukasi sejarah kelautan sejak dini bagi putra-putri kesayangan anda.

Kebudayaan

Sedangkan untuk sisi kedua museum siwa lima ini menyimpan semua benda yang berhubungan dengan Etnografi, atau budaya orang Maluku. Anda dapat memberikan pengetahuan kepada buah hati anda mengenai kebudayaan kota sendiri. Sehingga anak-anak anda dapat mencintai dan memahami warisan luhur kota kelahirannya. Benda yang di pamerkan berupa: koleksi arsitektur tradisional, dapur tradisional, busana, aksesoris wanita, peralatan untuk tari-tarian, alat yang digunakan untuk berburu, proses pembuatan sagu, minyak kayu putih dan minuman tradisional, anda juga bisa menginformasikan kepada keluarga anda mengenai kehidupan manusia prasejarah, hingga bagaimana sistem religinya dan masih banyak lagi yang dapat anda dan keluarga pelajari. Semoga Bermanfaat.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY