Wisata Candi Hindu Prambanan di Yogyakarta

0
561

Wisata Candi Hindu Prambanan di Yogyakarta – Candi Prambanan merupakan salah satu ikon budaya Indonesia. Candi dengan bentuk penuh keanggunan ini merupakan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Candi ini letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur, seperti menunjukkan bahwa antara umat Buddha dan Hindu di Pulau Jawa menjaga keharmonisan pada zaman dulunya. Candi ini juga dikenal masyarakat dengan nama Roro Jonggrang, sebab memiliki cerita yang berkaitan dengan nama tersebut.

LEGENDA

Dulu kala, ada seorang pemuda sakti dan kuat yang ingin menikahi Roro Jonggrang. Sang raja yang merupakan ayahnya, memaksa putrinya menikah dengan Bandung Bondowoso meskipun ia tidak mencintainya. Namun, ia pun tidak bisa menolaknya. Setelah melalui pertimbangan yang cukup panjang, akhirnya Roro Jonggrang memberikan satu syarat kepada Bandung Bondowoso, yaitu membangun 1000 candi dan berjanji akan mau menikah dengannya jika candi tersebut selesai sebelum fajar menyingsing.

Bandung Bondowoso yang memiliki kekuatan dan kesaktian hampir menyelesaikan 999 candi dengan bantuan jin yang dimilikinya. Akhirnya, Roro Jonggrang pun meminta para wanita di kampung untuk memukul alu padi supaya ayam bangun dan berkokok. Bandung Bondowoso yang kecewa dengan perlakuannya, mengubah sang gadis menjadi batu yang dikenal sebagai Candi Prambanan. Candi di sekitarnya dinamakan Candi Sewu.

SEJARAH

Candi ini dibangun pada abad ke-9 dan dipersembahkan untuk dewa Syiwa dan dua di sampingnya untuk dewa Brahma dan dewa Wisnu. Candi ini ditemukan kembali oleh seorang warga Belanda bernama CA Lons pada 1733 setelah terabaikan selama ratusan tahun. Keindahan serta kerumitan arsitektur Candi Prambanan dinobatkan sebagai situs warisan dunia 1991 oleh UNESCO dan kini dikenal sebagai Candi Hindu paling indah di Indonesia.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Yogyakarta dan Semarang merupakan kota terdekat ke Prambanan. Anda bisa menggunakan transportasi darat dan udara untuk sampai di objek wisata budaya ini. Beberapa maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Mandala, dan Merpati Nusantara Airlines terbang ke kota-kota ini, baik dari Jakarta maupun kota besar lainnya. Jika sudah sampai di Yogyakarta, Anda bisa menyewa mobil ke Klaten. Dari sana, Anda bisa berjalan menuju ke Candi Prambanan. Namun, Anda juga bisa menaiki becak dengan ongkos Rp10.000 untuk sampai ke pintu masuk candi. Anda juga bisa menaiki bus jika ingin yang lebih murah, karena banyak omprengan atau bus di Yogyakarta yang dengan mudah ditemui di sepanjang jalan.

WISATA

Candi Prambanan memiliki luas 39,8 hektar dengan 3 candi di pekarangan utama, 3 candi Wahana, 2 candi Apit dan 8 candi Patok yang dikelilingi pagar. Di pekarangan kedua, terdapat 224 candi Perwara. Berjalan-jalan dan menikmati ukiran batu yang rumit akan membuat Anda terpesona. Disini, Anda akan dibawa ke masa lalu, dimana ritual dan kebudayaan mendominasi bagian hidup masyarakat.

Relief yang ada di candi menceritakan epik Ramayana yang di dalamnya terdapat barang-barang bersejarah, seperti batu Lingga Batara Syiwa sebagai simbol kesuburan.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Di area sekitar Prambanan, terdapat taman hijau dan toko-toko yang menjual souvenir. Mulai dari gantungan kunci, aksesories lainnya sampai kaos dan baju dengan harga yang terjangkau dapat Anda beli disini. Jangan lupa untuk menawarnya, ya! Tiket untuk masuk Candi Prambanan berlaku untuk satu hari penuh, jadi Anda bisa keluar masuk area Prambanan sesuka hati. Anda juga bisa menikmati karya fotografer yang menawarkan diri untuk memotret Anda di sekitar sana.

Terdapat akomodasi berupa hotel seperti Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa yang dekat dengan bandara dan berfasilitas menarik pula. Anda bisa mencoba suasana yang berbeda dari hotel lainnya di sini.

Itulah informasi untuk Anda yang akan berwisata budaya ke Candi Prambanan. Semoga Anda puas dengan referensinya. Selamat berlibur dan Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY