Fenomena Pulau Kakaban Yang Mengesankan

0
582

Fenomena Pulau Kakaban Yang Mengesankan – Satu lagi pulau di Kepulauan Derawan yang memiliki keindahan yang sangat menakjubkan, yaitu Pulau Kakaban. Kalau Anda melihatnya dari peta, akan nampak Pulau Kakaban ini berbentuk seperti angka “9”. Pulau yang memiliki luas 774,2 hektar ini merupakan gugusan atol di atas permukaan laut yang terbentuk jutaan tahun lalu. Kemudian setelah beribu-ribu tahun terjadi berbagai proses yang menyebabkan atol naik dan membuat sejumlah air laut terperangkap sehingga membentuk danau air laut, yang lalu dikenal sebagai Danau Kakaban. Danau inilah yang memiliki keindahan dan banyak dikunjungi para wisatawan.

ASAL MUASAL

Kakaban, dalam bahasa Suku Bajo berarti memeluk. Hal itu berkaitan dengan bentuk fisik Pulau Kakaban, dimana sudah dijelaskan bahwa atol di bagian utara ‘memeluk’ laguna dan terpisah dari air laut di sekitarnya. Bagian tengah laut ini begitu indah, berwarna biru kehijauan dan sangat jernih. Sekumpulan pepohonan bakau tumbuh rimbun di sekitarnya. Pulau Kakaban sendiri tidak berpenghuni dan hal itulah yang menjadi salah satu alasan utama wisatawan berkunjung ke sana.

DANAU KAKABAN

Kakaban merupakan danau endemik yang terbentuk jutaan tahun lalu dan telah melewati proses evolusi yang panjang. Keberadaannya sebagai danau air payau jenis ini merupakan satu-satunya di Indonesia dan hanya ada dua di dunia, yaitu Danau Kakaban dan Jellyfish Lake di Palau. Terdapat 4 jenis ubur-ubur, dua kali lebih banyak dari jenis yang menghuni Jellyfish Lake. Oleh karena itulah Kakaban dipertimbangkan menjadi nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO.

WISATA

Ketika tiba di Pulau Kakaban, Anda akan disambut oleh dermaga dari kayu meranti sepanjang 120 meter yang kontras dengan birunya laut. Sebelumnya Anda harus menaiki tangga dan setelah itu mendaki untuk sampai di balik bukit tempat danau Kakaban berada. Di sini, snorkeling merupakan kegiatan wajib yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa bermain-main dengan ubur-ubur yang memiliki beragam ukuran dan tidak menyengat.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan kegiatan diving dan snorkeling di sekitar Pulau Kakaban yang terkenal sebagai rumah bagi Barracuda, tuna sirip biru, pari, hiu dan ikan napoleon. Terdapat tiga titik penyelaman yang sudah terkenal di sini.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pulau Kakaban terletak sekitar 1 jam dari Derawan dan setengah jam dari Maratua. Untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan speedboat yang berkapasitas 15 orang dengan biaya kurang lebih Rp100.000-Rp300.000,-. Perjalanan menuju danau akan ditemani oleh hijaunya pepohonan dengan kicauan burung bersahut-sahutan. Hutan mangrove yang terbentuk di pulau ini merupakan rumah bagi hewan-hewan, pohon bakau dan pohon tropis lainnya.

Danau ini mewakili bentuk kehidupan purba yang ekstrim. Hal tersebut diungkapkan oleh Jonathan Kindon, seorang peneliti dari Institut Antropologi Biologi dan Departemen Hewan, Universitar Oxford, Inggris. Oleh karenanya, kita sebagai generasi muda sudah sepantasnya melindungi apa yang kita miliki, mengeksplornya ke dunia dan tetap menjaga kelestariannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY