Gemericik Air Terjun Ceuraceu Bireuen

0
2377

Gemericik Air Terjun Ceuraceu Bireuen – Di Kota Juang, sebutan dari kota Bireuen, terdapat air terjun yang tersembunyi. Air terjun Ceuraceu itulah yang memiliki pesona keindahan alam. Untuk mencapai lokasinya butuh perjalanan seperti berpetualang. Melewati berbagai tempat yang akan membuat perjalanan semakin seru. Apalagi kalau sudah sampai di lokasi dan mendengar kicauan burung serta gemericik airnya.

BERPETUALANG MENUJU CEURACEU

Petualangan menuju ke air terjun Ceuraceu sangat mudah jika dari arah Medan ambil arah ke Banda Aceh kemudian baru ke Samagedang. Anda akan menjumpai Mesjid Jami’ Baitul Kiram di sebelah kiri jalan. Sekitar 15 m dari situ ada persimpangan, pilih yang menuju ke dalam sampai air terjun Ceuracau. Jalanan di situ masih beraspal sampai TUMIBA09. 4 km dari situlah air terjun itu berada. Namun, hati-hati karena kondisi jalan setelah itu keras dan berwarna kuning. Penuh debu jika musim kemarau.

Kemudian barulah perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak, sebab jalanan tersebut tidak dapat dijangkau dengan kendaraan. Sekitar 10 menit Anda akan tiba di lokasi air terjun. Kelelahan yang semula menghinggapi diri Anda akan berubah menjadi keceriaan setelah sampai di air terjun dengan udara sejuk serta airnya yang segar tersebut.

MANDI DAN BERMAIN

Kalau ke air terjun, belum merasakan mandi dan bermain air rasanya sangat kurang. Oleh karena itu, ceburkan diri Anda ke dalamnya dan rasakan betapa air tersebut membasahi kulit serta memberikan efek kesegaran. Keletihan yang semula ada berubah jadi energi bagi tubuh. Sayangnya, di objek wisata ini belum ada fasilitas yang lengkap dan memadai.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Air terjun ini berjarak 8 km dari Jalan raya Banda Aceh-Medan. Tepatnya di desa Samagadeng, Kecamatan Pandrah, Bireuen. Untuk mencapai ke lokasi waktu yang diperlukan kurang lebih 45-60 menit. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Ongkos angkutan untuk menuju ke lokasi sekitar Rp7.000-Rp20.000. Sama saja dengan ongkos ojek yang Anda sewa. Kondisi jalan menuju ke lokasi sedikit sulit, karena cukup banyak tanjakan dan turunan yang tajam. Serta banyak debu di sepanjang jalan. Pakailah penutup hidung atau masker untuk perjalanan ke lokasi.

HOTEL DAN AKOMODASI

Lelah dengan perjalanan Anda menuju objek wisata air terjun Ceuraceu? Hotel dan penginapan adalah tujuan Anda berikutnya. Di Bireuen ada berbagai penginapan yang sesuai dengan keinginan Anda untuk beristirahat salah satunya Meuligoe Bireuen HotelJl. Medan-Banda Aceh Cot Gapu Telp.0644-22333/323303 Fasilitas: TV, AC, Wi-Fi, Restaurant dan Kafe, serta masih banyak lagi. Tarif untuk menginap disini dengan fasilitas tersebut ialah Rp300.000-Rp700.000.

Puaskah Anda dengan air terjun Ceuraceu? Jika iya, rekomendasikan juga kepada teman-teman dan saudara Anda. Dengan begitu Anda telah mengenalkan objek wisata yang belum terjamah sama sekali oleh orang-orang tertentu. Aceh, khususnya Bireuen akan menjadi kota dengan objek wisata yang dikenal oleh warga Indonesia khususnya. Selamat berlibur dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY