Goa Jepang di Lhokseumawe

0
1185

Goa Jepang di Lhokseumawe – Goa Jepang berada di Desa Blang Payang. Objek wisata yang diberi nama oleh pemerintah dengan Taman Ngieng Jioh (Taman Melihat Jauh) ini memang memiliki keunikan tersendiri. Jika Anda belum pernah ke sana, pasti belum bisa merasakannya. Cobalah untuk berwisata di tempat itu dan buktikan sendiri.

SEJARAH DAN PENJELASAN

Goa itu dibangun pada masa penjajahan Jepang, yakni tahun 1942. Goa itu merupakan benteng terakhir yang dimiliki Jepang sebelum Presiden Soekarno mendeklarasikan kemerdekaan. Panjang goa ini hanya 100 meter. Goa Jepang tampaknya semata-mata dibangun untuk pertahanan kelompok kecil dari serangan musuh. Bunker yang dibangun oleh Jepang banyak ditemukan di bibir pantai Lhokseumawe. Goa ini juga berfungsi sebagai pengintai musuh dari laut lepas. Konon kabarnya, goa tersebut sering berubah fungsi. Pernah juga dijadikan tempat eksekusi anggota Partai Komunis. Saat ini pengunjung yang datang ke Goa Jepang semakin membludak saja.

MENGENAL GOA JEPANG LEBIH DALAM

Goa Jepang merupakan objek wisata yang baru dibuka sekitar pertengahan tahun 2015. Letaknya berada di ketinggian 100 meter di atas permukaan laut. Ketika sampai di puncak bukit, arahkanlah mata ke seluruh penjuru. Pemandangan yang ditawarkan sungguh tiada duanya. Terlebih dengan adanya semilir angin yang membelai kulit. Bagian utara terlihat Selat Malaka yang berlaut biru, di bagian Barat terdapat kilang PT. Arun NGL. Dan pemandangan lainnya yang hadir di sekitar situ.

MENGISI ENERGI

Tidak perlu khawatir kehabisan energi ketika mendaki bukit kecil di Goa Jepang. Karena di sekitar situ terdapat penjual jajanan dan makanan yang akan membantu Anda mengisi energi akibat lelahnya mendaki. Minuman yang menyegarkan pun tersedia untuk menghilangkan dahaga Anda. Istirahat sebentar, lalu lanjutkan perjalanan Anda.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Objek wisata ini terletak di Desa Blang Payang, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe. Tempat ini letaknya persis di jalan lintas nasional Medan-Banda Aceh. Ketika sampai di Taman Makam Pahlawan Lhokseumawe, tinggal belok kanan dan mendaki bukit kecil. Disitulah, di puncak bukit tersebut Goa Jepang berada. Untuk menuju ke lokasi, bisa menggunakan angkutan umum. Dengan tarif Rp3.000-Rp10.000 Anda sudah sampai di tempat tujuan. Bisa pula menaiki kendaraan pribadi jika membawa.

TIKET MASUK

Anda harus membayar tiket seharga Rp5.000 untuk masuk ke objek wisata Goa Jepang ini. Lumayan murah untuk objek wisata sejarah yang Anda pun dapat sekalian mendapatkan ilmu darinya.

Goa Jepang sebagai bukti bahwa sejarah mencatat jejak peradaban Jepang di negeri Indonesia ini sebagai penjajah. Perlu diketahui bahwa sejarah semacam itu sangat penting untuk Anda yang baru mengetahuinya. Karena ilmu tersebut hanya bisa Anda dapatkan ketika berwisata ke tempatnya secara langsung. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY