Grojogan Air Terjun Biluy Yang Menyegarkan

0
449

Grojogan Air Terjun Biluy Yang Menyegarkan – Air terjun Biluy merupakan salah satu wisata alam yang ada di Desa Biluy, Aceh Besar. Tempat ini merupakan salah satu yang terkena dampak bencana tsunami 11 tahun silam. Namun, kerusakannya yang parah sudah diperbaiki, walaupun perbukitan yang ada di sana telah hilang. Tapi, masih menyisakan pemandangan dan aroma khas alam yang membuat pengunjung tertarik.

 

TANGGA DEMI TANGGA

Anda harus menaiki 172 anak tangga dengan kemiringan rata-rata 45 derajat untuk melihat langsung air terjun tersebut dari dekat. Meskipun Anda akan capek nantinya, namun jika sudah sampai di air terjunnya, Anda tidak akan merasakan betapa pegalnya Anda beberapa menit yang lalu. Karena kesegaran air yang memancar dari atas membuat Anda ingin mencicipi airnya dan mandi di sana. Kepuasan tersebut akan Anda dapatkan jika benar-benar nyemplung di dalamnya. Akan tetapi, kini air di Biluy ditampung untuk kebutuhan masyarakat.

 

KULINER DAN AKOMODASI

Anda tidak perlu khawatir kelaparan di tempat ini karena terdapat banyak rumah makan yang menyediakan makanan khas Aceh dengan harga yang beragam. Di sana juga terdapat mushola untuk beristirahat dan menjalankan kewajiban sebagai umat islam.

 

AKSES MENUJU LOKASI DAN TRANSPORTASI

Air terjun ini berada di Desa Biluy, Kecamatan Darul Kalam, Aceh Besar. Untuk menuju ke sana, Anda dapat menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua dengan jarak 22 km dari utara Banda Aceh. Namun, tidak ada akses angkutan umum untuk kesana. Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, bisa menyewa ojek dengan biaya sekitar Rp25.000-Rp30.000,-. Info Kontak: Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh BesarJl.Prof.A.Majid Ibrahim No.4 Telp. 0651-92513.

 

KELILING DAN BELANJA

Selain berkeliling dan menikmati pemandangan di sekitar air terjun, Anda bisa pula berjalan-jalan di pusat kota dengan menggunakan kendaraan umum ataupun ojek. Di kota terdapat bermacam-macam toko souvenir dan oleh-oleh yang mudah sekali di dapatkan. Jika dirasa kurang, Anda bisa ke Banda Aceh untuk membeli souvenirnya dan oleh-olehnya yang lebih lengkap. Ongkos untuk jalan-jalan Anda sekitar Rp30.000-Rp60.000,-.

 

HOTEL

The Pade HotelJl.Soekarno Hatta No.1 Desa Daroy, Kecamatan Kameu, Aceh Besar Telp.0651-49999. Hotel ini memiliki rentang harga Rp850.000-1.250.000. Dengan arsitektur Timur Tengah dan berlokasi di area pegunungan akan menjadi daya tarik tersendiri untuk Anda yang menginap di hotel ini.

 

Air terjun merupakan salah satu warisan alam yang harus dilestarikan. Jika Anda berwisata ke sana, jangan sekali-kali membuang sampah sembarangan dan mengotori daerah tersebut. Karena pengunjung yang baik akan senantiasa merawat alam dengan baik pula. Hormati warga sekitar dengan berbuat sopan di daerahnya. Selamat menikmati liburan Anda dan lakukan misi liburan selanjutnya di Aceh maupun kota-kota lain yang ada di Indonesia. Semoga Anda puas dengan liburan kali ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY