Hamparan Kios Ikan di Lhok Seudu

0
832

Hamparan Kios Ikan di Lhok Seudu – Lhok artinya Teluk, Seudu artinya Teduh. Atau bisa diartikan Teluk yang teduh. Lhok Seudu adalah sebuah Desa Pesisir di Leupung, Aceh Besar. Mengapa dikatakan menjadi hamparan kios ikan? Karena memang di daerah ini mudah sekali Anda temukan penjual ikan asin di pinggir jalan. Hal itu karena penduduk setempat bermata pencaharian sebagai nelayan. Jadi, tidak perlu heran kalau begitu sampai Lhok Seudu Anda akan disuguhi pemandangan deretan kios penjual ikan. Anda juga bisa melihat hamparan laut di pinggir jalannya.

 BERJALAN-JALAN DI DERMAGA

Anda bisa berjalan-jalan ke dermaga kapal nelayan. Suasana yang Anda rasakan adalah segar serta adem. Lautnya yang sangat tenang dan semilir anginnya pula berpadu dengan pegunungan yang hijau di sekitar teluk. Pokoknya Anda bisa menghilangkan seluruh kepenatan dalam diri Anda disini.

IKAN BERJEMUR DI PANTAI

Lhok Seudu memiliki 2 pantai dan 2 tanjung. Ada pula sebuah laguna. Di pantai banyak sekali perahu dengan warna-warni yang ceria dan ada pula palung yang unik. Namun, yang lebih menarik perhatian adalah adanya jutaan ikan yang berjemur dengan santainya di pasir pantai. Nelayan yang ada disitu turut menjajakan ikan-ikannya.

OLEH-OLEH DAN KULINER

Karena di Lhok Seudu ini sudah banyak kios ikan, Anda tidak perlu jauh-jauh untuk membeli oleh-oleh. Harga yang ditentukan pun lumayan murah mengingat ikannya yang segar pula. Contohnya saja, untuk ikan asin tengiri besar seharga Rp75.000,- namun Anda tetap bisa menawarnya. Gurita kering seharga Rp80.000-Rp110.000,- tergantung ukurannya.

Rasa lapar memang kadang mengganggu dimanapun Anda berada. Namun, jangan khawatir. Di Leupung ada mie aceh yang terkenal. Tidak lengkap rasanya kalau belum mencicipi mie dengan udang dan daging tersebut. Untuk mie biasa seharga Rp8.000-Rp10.000,-. Untuk mie udang dan daging bisa Rp20.000-Rp30.000,-. Tinggal pilih saja. Ada pula nugget rumput laut dan ikan bakar.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Lhok Seudu terletak di Leupung, Aceh Besar. Untuk menuju ke sana bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti ojek dan angkot. Perjalanannya sekitar 30-45 menit untuk kendaraan pribadi. Sedangkan untuk kendaraan umum bisa sampai satu jam perjalanan dengan ongkos Rp20.000-Rp45.000,-.

HOTEL

Kalau Anda sudah lelah menyusuri pantai dan desa tersebut, Anda bisa menginap di hotel yang ada di Aceh Besar maupun di Banda Aceh. The Pade HotelJl.Soekarno Hatta No.1 Daroy Kameu, Aceh Besar Telp.0651-49999. Grand Nanggroe HotelJl.Tgk.Imum Lueng Bata, Banda Aceh Telp.0651-35788. Dengan rentang harga sekitar Rp350.000-Rp1.000.000 ke atas.

Berlibur memang bertujuan untuk membuang penat yang ada dalam diri. Ajak keluarga untuk berlibur bersama Anda menuju ke destinasi yang diinginkan seperti di Lhok Seudu ini. Sekedar tips, bagi Anda yang ingin berjalan-jalan atau berkeliling Aceh bisa menyewa mobil pribadi (carteran) dengan ongkos sekitar Rp500.000 untuk 10 jam. Sudah termasuk sopir dan bensin. Nah, semoga liburan Anda kali ini tidak mengecewakan. Salam ransel.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY