Harmonisasi Keindahan Ujung Genteng

0
991

Harmonisasi Keindahan Ujung Genteng – Pantai Ujung Genteng merupakan satu dari sekian banyak pantai yang ada di Indonesia dengan panorama yang menarik. Pantai ini memiliki pasir putih dengan kejernihan laut maksimal. Bisa Anda datangi sendiri untuk membuktikan hal tersebut. Pantai Ujung Genteng direkomendasikan karena memang cocok untuk menghabiskan liburan Anda sekeluarga.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pantai Ujung Genteng berada di wilayah Pantai Pangumbahan, Ciracap, Sukabumi dengan jarak tempuh sekitar 220 km dari Jakarta dan 230 km dari Bandung serta 120 km dari Sukabumi. Jalan untuk menuju lokasi sudah cukup mulus. Terdapat jalur alternatif serta angkutan umum yang memadai untuk menuju ke tempat tujuan. Dari Sukabumi dapat ditempuh selama 7-8 jam, tergantung kemacetan jalannya. Sedangkan dari Bandung dan Jakarta sekitar 12-15 jam. Anda bisa memakai jasa ojek untuk menuju ke lokasi, karena biasanya ojek di sekitar lebih tahu arah daripada Anda yang baru datang ke tempat tersebut. Transportasi umum yang bisa Anda gunakan, yaitu bus dengan total tarif sekitar Rp60.000 untuk beberapa kali naik angkutan.

Ada beberapa rute yang bisa Anda gunakan. Yang pertama, Jakarta-Ciawi-Cicurug-Cibadag sekitar 2,5 jam. Kemudian langjut Cibadak-Pelabuhan Ratu-Cikembar-Jampang Kulon-Surade-Ujung Genteng. Yang kedua dari Jakarta-Ciawi-Cicurug-Cibadak-Sukabumi-Jampang Tengah-Jampang Kulon-Surade-Ujung Genteng. Dan yang ketiga Bandung-Cianjur-Sukabumi-Jampang Tengah-Jampang Kulon-Surade-Ujung Genteng. Setelah sampai di Surade Anda bisa mencapai lokasi dengan kendaraan umum yang disebut ‘unyil’ oleh masyarakat sekitar dengan tarif Rp5.000-Rp10.000,-.

KEINDAHAN

Pantai Ujung Genteng menghadirkan panorama alam yang menarik. Suasana di sekitar pantai sangat tenang dan menentramkan. Keindahan itu ditandai dengan debur ombaknya yang sama sekali tak mengganggu waktu santai Anda serta perpaduan warna laut dan langit yang menjadi satu. Keindahan tersebut juga sangat lengkap dengan berjalan kaki sebelum sampai ke garis pantai. Dengan jalan yang berkelok-kelok dan berakhir dengan terdengarnya suara ombak membuat perjalanan semakin menyenangkan. Penglihatan Anda akan tertuju pada karang-karang yang terhampar luas bersama pasir putih menambah keelokannya.

MUARA CIPANARIKAN

Muara ini adalah tempat bertemunya Sungai Cipanarikan yang membelah Suaka Margasatwa Cikepuh dengan air laut. Sungai ini berbelok-belok membentuk alur menyerupai ular yang berjalan sebelum masuk ke laut. Hal itu membuat terbentuknya hamparan pasir yang luas. Butiran pasir halus ini sering digunakan sebagai arena bermain anak.

KEGIATAN

Anda bisa melihat berselancar di Ombak Tujuh yang merupakan kawasan favorit selancar bagi wisatawan. Dinamakan ombak tujuh karena ombaknya selalu berurutan tujuh ombak dengan ukuran besar. Anda juga bisa memancing serta melihat proses pembuatan gula kelapa oleh masyaralat setempat. Datangi pula Cibuaya yang sangat cocok untuk berendam dan berenang, bentuknya seperti cekungan pantai dengan kedalaman 0,5-6 meter. Di dalamnya terdapat terumbu karang yang indah serta menjadi tempat berkeliaran ikan kerapu dan ikan kakap.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Ujung Genteng menawarkan beragam penginapan atau villa yang dapat Anda sewa semalam. Salah satu yang direkomendasikan adalah Amanda Ratu yang ada di Cikarang, Ujung Genteng, Sukabumi. Villa ini memiliki fasilitas yang lengkap, salah satunya adalah kolam renang. Namun, sebenarnya masih banyak penginapan dengan harga murah di sekitar Ujung Genteng yang bisa Anda cari. Silahkan mencari makanan jika Anda lapar ke Anugrah Indah Resto di Jalan Pantai Ujung Genteng yang juga menjual souvenir menarik.

Sekian info wisata dari Ujung Genteng, semoga menarik untuk Anda dan segera Anda kunjungi. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY