Inilah 12 Wisata dan Keistimewaannya di Banda Aceh

0
767

Inilah 12 Wisata dan Keistimewaannya di Banda Aceh – Aceh merupakan provinsi yang sering disebut sebagai serambi Mekkah. Salah satu kotanya, yaitu Banda Aceh yang memiliki budaya Islam yang kuat, juga mempunyai berbagai peninggalan sejarah dari masa penjajahan. Berbagai peninggalan tersebut tersebar di seluruh kota, bahkan sekarang sudah dijadikan tempa wisata. Selain itu, ada pula wisata alam dan peninggalan dari masa tsunami beberapa tahun yang lalu yang tak kalah menarik. Beberapa tempat tujuan wisata tersebut telah terangkum dalam 12 wisata dan keistimewaan Banda Aceh.

Museum yang dipergunakan untuk menyimpan koleksi sejarah ini terletak di Jl.Sultan Alauddin Mahmudsyah No.12 Banda Aceh. Di dalam museum, terdapat peninggalan sejarah dari jaman penjajahan yang antik dan menarik. Anda dapat melihat berbagai koleksi tersebut beserta koleksi hadiah dari Tiongkok untuk Kesultanan Aceh. >> Baca selengkapnya…..

Masjid yang dibangun pada jaman penjajahan Belanda ini memiliki arsitektur yang menarik dari luar maupun dalam. Ornamen yang ada pun memberikan kesan kemegahan masjid ini. Masjid Raya adalah salah satu bangunan yang tidak rusak ketika bencana tsunami memporakporandakan hampir seluruh bangunan. Bahkan masjid ini dijadikan tempat pengungsian di kala itu. >> Baca selengkapnya…..

Kuburan atau makam ini merupakan makam militer Belanda yang terletak di luar negeri tersebut. Makam yang merupakan salah satu yang terluas di dunia ini menampung lebih dari 2.200 tentara yang gugur di medan perang. Salah satu yang dimakamkan disini, yaitu putera kesayangan Sultan Iskandar Muda. >> Baca selengkapnya…..

Gunongan adalah tempat pemandian permaisuri Sultan Iskandar Muda. Bangunan ini juga merupakan simbol dan kekuatan cinta sang sultan kepada permaisurinya. Bangunan yang berbentuk seperti gunung kecil ini menjadi salah satu peninggalan kejayaan Kesultanan Aceh. >> Baca selengkapnya…..

Makam yang terawat dan bersih ini merupakan makam sultan yang sangat arif dan bijaksana. Di sekitar makam terdapat banyak sekali bukti kehebatan dan kejayaan sultan dalam masa peemerintahannya. >> Baca selengkapnya….

Kuburan ini merupakan makam yang dibangun untuk menguburkan korban bencana alam tsunami yang belum dikenali identitasnya. Karena dulu, Desa Ulee Lheue merupakan wilayah yang paling parah terkena bencana tersebut. >> Baca selengkapnya…..

Syiah Kuala adalah salah satu ulama besar di Banda Aceh. Beliau berjasa dalam penyebaran agama Islam di Aceh. Makamnya ada di Desa Deyah Raya, Syiah Kuala, Banda Aceh. Tokoh yang sangat berjasa tersebut diadopsi namanya untuk sebuah perguruan tinggi di Aceh. >> Baca selengkapnya…..

Monumen ini merupakan wujud rasa terima kasih kepada 53 negara dan masyarakat dunia yang telah membantu Aceh pasca tsunami. Bangunan yang berada di Blang Padang ini sekaligus sebagai ucapan syukur untuk segala yang dilakukan negara dan internasional dalam rekonstruksi dan rehabilitasi Aceh. >> Baca selengkapnya…..

Monumen ini dibangun untuk mengenang pesawat pertama yang dibeli Indonesia dengan bantuan masyarakat Aceh dalam masa penjajahan. Pesawat yang merupakan bukti nyata dukungan Aceh dalam mempertahankan Indonesia tersebut terletak di Lapangan Blang Padang. >> Baca selengkapnya…..

Pendopo gubernur ini merupakan kediaman gubernur Belanda pada zaman dulu untuk menyusun segala kegiatan administrasi pemerintah Belanda serta daerah jajahannya. Saat inipun, pendopo ini masih digunakan sebagai rumah dinas gubernur Aceh. >> Baca selengkapnya…..

Museum ini merupakan museum yang dibangun untuk mengenang tsunami yang terjadi di tahun 2004 lalu. Di dalamnya banyak hal yang unik dan menarik serta membuat pengunjung teringat akan bencana tersebut. Selain itu, museum ini juga dibangun dengan tujuan untuk pusat pendidikan dan evakuasi. >> Baca selengkapnya….

Pantai Galau ini memiliki pesona yang memikat hati. Selain suasananya damai, tentram dan nyaman, pantai tersebut bisa membuang segala kegalauan. Pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan sunset yang tidak dimiliki pantai lain di Aceh. >> Baca selengkapnya…..

Itulah tadi ke dua belas tempat wisata yang ada di Banda Aceh. Anda dapat mengunjunginya satu persatu untuk sekaligus menyaksikan sejarah yang pernah ada. Kemudian ditutup dengan berjalan dan bersantai di pantai Alue Naga.

Rencanakan liburan Anda dengan baik, supaya nanti dapat memberi kesan berlibur yang tidak membosankan. Siapkah Anda untuk berwisata sejarah di Banda Aceh?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY