Objek Wisata Istana Air Tamansari Yang Menawan Hati

0
543

Objek Wisata Istana Air Tamansari Yang Menawan Hati – Taman yang indah ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Istana ini dulunya merupakan tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana bentuknya. Jika Anda mampir ke Jogja, jangan lupa untuk mengunjungi Tamansari. Terdapat beberapa keunikan di dalamnya yang patut Anda intip.

RIWAYAT

Istana air ini dibangun pada 1758 oleh Sultan Hamengkubuwono I dulunya rumah peristirahatan untuk keluarga kerajaan. Tamansari memiliki arti taman yang indah. Tempat yang dijadikan sebagai objek wisata ini rusak parah akibat gempa bumi yang terjadi pada 1867. Beberapa bagiannya rusak, seperti kolam mandi Umbul Binangun yang telah dipulihkan.

BANGUNAN MULTIFUNGSI

Reruntuhan Tamansari yang dihasilkan oleh gempa beberapa tahun lalu memberikan ruang bagi ahli budaya untuk berpendapat tentang fungsi objek wisata tersebut pada zaman dulu, yaitu sebagai rumah peristirahatan dalam bentuk istana air dengan udara yang segar karena terdapat danau dan kanal buatan, kolam pemandian, kebun yang luas dengan berbagai jenis pohon. Sebagai tempat untuk hiburan dan olahraga, berperahu, berenang, berburu rusa, melihat tarian klasik Bedoyo dan Srimpi, serta musik gamelan. Selain itu juga untuk meditasi dan menjadi bangunan penting sebagai tempat perlindungan sultan. Bangunan yang sangat dilindungi ini memiliki 2 ruangan pertahanan dengan 12 dan 6 meriam.

KOMPLEKS ISTANA

Istana Tamansari terbagi menjadi dua kompleks, yaitu Umbul Binangun yang merupakan kompleks kolam pemandian bagi Sultan, istrinya dan putri-putri mereka. Kompleks yang dikelilingi tembok tinggi ini memiliki tiga menara kisah, dengan kamar Sultan yang berdiri di sebelah selatan kolam pemandian dan kolam pribadinya di balik menara. Di bagian selatan istana, terdapat tempat khusus yang diyakini sebagai tempat pertemuan Sultan dengan Kanjeng Ratu Kidul. Pulo Kenongo, istana yang ditemukan di tengah Segaran Tamansari. Kenongo merupakan nama bunga yang ditanam di halaman dengan dengan wangi yang menyebar ke seluruh istana. Di sini terdapat ruang keluarga, kamar tidur, ruang membatik, aula untuk tarian sakral klasik, gerbang dan ruang jaga.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Istana Air Tamansari terlatak kurang dari 1 km barat Kraton Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi, terdapat beberapa cara. Yang Pertama, melalui Pasar Ngasem dan menemukan sebuah gang KP III, belok kiri dan jalan kaki sekitar 200 m. Anda kemudian akan menemukan Pulo Kenongo dan kompleks perumahan. Yang Kedua, lewat Jalan Taman Sari lalu dari Pasar Ngasem naik becak ke Alun-alun Selatan sekitar 0,5 km. Belok kanan dan Anda akan menemukan pintu masuk utama Timur yang merupakan jalan ke kolam renang kerajaan.

KULINER DAN BELANJA

Ketika sudah sampai di Yogyakarta, bukankah sangat rugi jika tidak menjajal gudeg? Bolehlah Anda mampir di beberapa warung yang ada di sekitar kota. Bila Anda ingin berbelanja, silahkan mampir ke Pasar Ngasem yang menjual beraneka jenis burung dan hewan peliharaan. Terdapat pula produk tradisional dan gerabah rumah tangga. Anda juga bisa menemukan lukisan batik, toko kerajinan seni dan galeri sederhana di sekitar gang.

Bagi Anda yang datang ke Tamansari, tedapat aturan yang tidak boleh dilanggar, seperti tidak diizinkan untuk mengambil foto kamar tidur pribadi Sultan di kompleks kolam renang Umbul Binangun. Juga, Anda tidak boleh mengenakan pakaian mini untuk menghargai adat istana setempat. Salam ransel dan selamat berlibur.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY