Istana Orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting

0
709

Istana Orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting – Taman Nasional Tanjung Puting merupakan rumah bagi kehidupan liar yang sangat menakjubkan. Disini adalah tempat tinggal bekantan, monyet ekor panjang, burung, orangutan dan hewan liar lainnya. Tanaman asli hutan tersebut juga ikut berdiam diri di dalamnya. Taman yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah ini awalnya dinyatakan sebagai cagar alam di tahun 1935 serta menjadi taman nasional pada 1982. Taman nasional ini berada di semananjung luar laut Jawa dengan zona habitat yang beragam dari sejumlah besar makhluk hidup, baik flora maupun fauna.

TAMAN NASIONAL TANJUNG PUTING

Taman ini menjadi salah satu tempat terpenting di dunia untuk pelestarian hewan primata, burung, reptil dan ikan. Sudah tidak diragukan lagi jika orangutan menjadi penghuni yang paling terkenal di TNTP. Terdapat pusat penelitian orangutan yang ada di Camp Leakey. Di sana, orangutan ditangkarkan dan diteliti secara berkelanjutan. Bisa dibayangkan, betapa banyaknya orangutan di sini, karena sekiranya tiga perempat populasi orangutan di dunia yang hidup di Kalimantan, TNTP merupakan tempat paling sempurna untuk melihat langsung kehidupan mereka di alam liar.

KEGIATAN

Saat menelusuri hutan TNTP, Anda harus menggunakan perahu atau yang disebut klotok oleh masyarakat sekitar dengan menyusuri Sungai Sekonyer dari Pelabuhan Kumai di Pangkalan Bun. Saat Anda sudah sampai dan memasuki hutan belantara Kalimantan yang dibelah sungai-sungai di TNTP, hal itu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Berbagai hewan tropis yang eksotis, seperti orangutan akan menyambut kedatangan Anda. Sungai di sekitarnya pun memiliki sumber air yang jernih serta didiami berbagai ikan air tawar serta makhluk dua alam.

Anda bisa mengunjungi Camp Leakey yang merupakan tempat pelestarian orangutan yang telah lama didirikan. Anda berkesempatan untuk memberi makan orangutan tersebut dan memperkenalkan kepada anak Anda kepada penghuni TNTP yang paling tampan serta cantik. Datang juga ke Pondok Tanguy yang merupakan pusat rehabilitasi orangutan yang pernah ditangkap dan dipelihara manusia. Lokasinya dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dari Pesalat. Yang berikutnya adalah Tanjung Harapan yang bisa dicapai sekitar 2 jam dan dari sana Anda dapat mampir ke Pesalat sekitar 1 jam perjalanan sungai.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Setiap harinya, tersedia penerbangan dari Jakarta, Semarang, Surabaya dan Palangkaraya serta kota besar lain ke Pangkalan Bun. Harga tiketnya sekitar Rp800.000-Rp1.500.000,-. Setelah sampai di bandara, sewa saja agen perjalanan wisata untuk menjemput dan mengantar Anda langsung ke sungai. Namun, jika tidak ada, Anda bisa naik taksi atau kendaraan minivan menuju Pelabuhan Kumai dengan tarif sekitar Rp25.000-Rp35.000,-.

Untuk memasuki TNTP sendiri, Anda perlu menggunakan speedboat atau klotok untuk menyusuri sungai. Harga sewa perahu klotok ini akan lebih murah jika Anda menginap di klotok selama lebih dari satu malam sekitar Rp1.500.000-Rp2.000.000,- (harga belum termasuk sewa juru masak dengan biaya Rp100.000 perhari). Kalau yang lebih murah, ya sewa speedboart yaitu sekitar Rp600.000-Rp800.000 perhari.

TIKET MASUK DAN FOTO

Saat memasuki kawasan taman nasional ini, Anda akan dikenai biaya atau tiket sebesar Rp2.500 untuk wisatawan domestik dan Rp20.000 untuk wisatawan mancanegara. Untuk berfoto, Anda juga harus membayar Rp5.000 untuk yang terkecil dan Rp150.000 untuk yang professional.

AKOMODASI

Karena sebagian besar tempat tidur Anda adalah di klotok, Anda tidak perlu mencari penginapan lagi. Namun, kalau Anda tidak nyaman tidur di kapal tersebut, silahkan menginap di Rimba Ecolodge yang berada dekat dengan Sungai Sekonyer dan tepian TNTP. Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Pelabuhan Kumai di Pangkalan Bun untuk mencapainya. Resort ini memiliki 32 kamar dan berada di tengah hutan, yang uniknya sering disambangi oleh hewan-hewan seperti bekantan dan monyet.

Sekian berwisata di istana orangutan, yaitu Taman Nasional Tanjung Puting. Semoga Anda puas dan terhibur dengan info wisata yang diberikan. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY