Berwisata Ke Istana Soasiu – Museum Sonyine Malige di Tidore

0
706

Berwisata Ke Istana Soasiu – Museum Sonyine Malige di Tidore – Istana Soasiu merupakan museum yang menjadi salah satu tempat wisata yang letaknya di Kota Soasiu, Tidore, Tidore Kepulauan, di Maluku Utara.

Benda-benda Sejarah Istana Soasiu – Museum Sonyine Malige

Limau Timore adalah nama lama sebelum dirubah menjadi Kota Soasiu, yang merupakan Ibukota Kesultanan Tidore. Namun sekarang ini Soasiu adalah Ibukota dari Kabupaten Halmahera Tengah. Jika Anda berkunjung ke Pulau Tidore, ada salah satu obyek wisata yaitu Istana Soasiu. Istana Soasiu yang dimaksud adalah berupa musem yang menyimpan sejarah kesultanan Ternate dan Tidore. Jika Anda berkunjung ke Pulau Tidore, Anda patut menjadikan museum ini sebagai salah satu tujuan wisata. Karena Anda dapat memperoleh ilmu berupa nilai sejarah mengenai Kesultanan Ternate Tidore. Dalam museum ini terdapat berbagai benda peninggalan sejarah yang dimiliki oleh Kesultanan Tidore. Para wisatawan dapat melihat berbagai peninggalan Kesultanan Ternate seperti pakaian adat kesultanan, cap sultan, singgasana kesultanan, ketur, perlengkapan perang dan berburu, tembikar kesultanan, dan kerajinan khas Tidore.

Di musem Istana Soasiu ini Anda akan menjumpai benda sejarah yang sangat terkenal yaitu mahkota berambut dan Al-Qur’an tertua di Tidore. Menurut cerita rambut yang melekat pada mahkota berlapis emas itu selalu bertambah panjang. Sehingga ada upacara khusus pemotongan rambut tersebut pada malam menjelang hari raya Idul Adha. Upacara biasanya dilaksanakan pada waktu tujuh hari berurutan. Selain itu mahkota berambut tersebut memiliki nilai sakral. Biasanya digunakan untuk membantu memilih calon Sultan Ternate. Setiap anak laki-laki dari Sultan Ternate diminta untuk mencoba memakai mahkota tersebut, jika mahkota tersebut pas dikenakan, maka calon inilah yang akan terpilih sebagai Sultan nantinya.

Harga Tiket dan Aksebilitas ke Museum Istana Soasiu

Setiap wisatawan yang berkunjung ke museum Sonyine Malige tidak akan dikenakan tiket masuk, hanya memberi donasi sukarela yang nanti dana tersebut digunakan untuk biaya perawatan museum. Sedangkan akses menuju museum ini sangat mudah karena fasilitas umum yang memadai. Jika Anda dari Ternate dapat menempuh jalan laut, meyeberang dari Pelabuhan Bastiong menuju Pelabuhan Rum Tidore. Perjalanan yang Anda tempuh kurang lebih 10-30 menit, tergantung kapal yang Anda tumpangi karena ada du jenis kapal yaitu kapal feri dan kapal cepat. Kedua transportasi tersebut tarifnya pun sangat murah. Setelah sampai di Pelabuhan Rum, wisatawan dapat memanfaatkan berbagai alat transportasi darat seperti ojek, angkutan kota, becak, mobil sewa untuk menuju Museum Sonyine Malige- Istana Soasiu tersebut.

Ketika Anda berwisata ke Tidore tak perlu mengkhawatirkan masalah penginapan karena di pulau tersebut telah banyak penginapan dari tariff yang murah sampai yang paling mahal. Juga terdapat banyak rumah makan di sekitar jalan utama pulau tersebut. Sehingga banyak fasilitas umum di sekitar Istana Soasiu yang dapat menunjang liburan wisatawan.

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY