Jalan-Jalan Ke Alun-Alun Kapuas Bersama Keluarga

0
578

Jalan-Jalan Ke Alun-Alun Kapuas Bersama Keluarga – Taman Alun-alun ini merupakan salah satu proyek Waterfront City dari Pemerintah Kota Pontianak. Hal tersebut dikarenakan alun-alun ini menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat, baik yang dari Pontianak maupun dari luar kota yang kebetulan sedang berkunjung ke kota ini. Kapuas sendiri merupakan nama sebuah sungai yang terpanjang di Indonesia. Jadi, bisa disimpulkan bahwa Taman Alun-alun tersebut berada di pinggiran Sungai Kapuas.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Taman Alun-alun Kapuas terletak di pinggiran Sungai Kapuas, tepatnya di depan kantor walikota Pontianak yang ada di sekitar Jalan Rahadi Usman. Untuk mencapai lokasi, Anda bisa menggunakan berbagai sarana transportasi karena lokasinya berada di pusat kota dan gampang ditemukan. Kalau Anda naik kendaraan pribadi tinggal bertanya kepada warga sekitar kalau sudah sampai di Pontianak atau bisa pula menggunakan teknologi GPS.

Namun, bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, pilih saja angkot yang berwarna biru tua dengan jurusan Penjara-Kapuas. Angkot ini berangkat dari terminal Kapuas dan berhenti setelah Anda sampai di Jalan Rahadi Usman. Anda juga bisa memilih angkot berwarna biru dengan jurusan Penjara-Gajah Mada. Akan tetapi, Anda harus memastikan jika angkot tersebut melewati Jalan Pak Kasih. Setelah sampai di sana, Anda bisa berjalan sedikit ke Jalan Rahadi Usman atau Anda bisa pula menyambung dengan angkot lain di jurusan Penjara-Kapuas. Ongkos untuk sekali jalan adalah sekitar Rp3.000 saja. Ingin yang lebih mudah? Naik taksi saja bisa langsung sampai di lokasi. Tapi, biayanya jelas mahal, kira-kira sekitar Rp30.000-Rp50.000,-.

TAMAN ALUN-ALUN KAPUAS

Taman ini memiliki dekorasi dan bentuk yang tertata rapi, sehingga sering dijadikan sebagai tempat refreshing bagi kalangan masyarakat, terutama remaja dan pasangannya. Yang membuatnya jadi semakin pecah adalah dengan adanya air mancur yang sangat indah dan dikelilingi anak tangga serta replika Tugu Khatulistiwa. Taman yang menjadi ikon Kota Pontianak ini sudah beberapa kali direnovasi. Pembangunan yang pertama pada 1999, kemudian direnovasi pada 2011 dan 2012. Untuk memperindahnya ditambahkan beberapa air mancur serta memperluas areanya sendiri. Saat ini, luas daerahnya kurang lebih sekitar 3 hektar yang merupakan dua kali lipat luas sebelumnya.

WISATA

Kalau Anda berkunjung ke sini, cobalah beberapa kuliner khasnya atau melihat aktifitas di dermaga feri di Sungai Kapuas. Anda pun bisa bermain di air mancur yang dimiliki taman ini sambil mencelupkan kaki ke air dan merasakan dinginnya sunga Kapuas. Bersantai-santai di kursi taman akan menambah kesyahduan berlibur Anda jika ditemani dengan hembusan angin yang menerpa kulit.

UNIKNYA

Yang unik adalah terdapat mitos yang katanya, kalau Anda mencuci muka dengan air Sungai Kapuas, suatu hari nanti Anda akan kembali ke tempat itu. Hal tersebut seperti legenda air mancur yang ada di Barcelona. Penasaran ingin membuktikannya? Datang saja ke sana!

Selamat merencanakan liburan bagi Anda yang masih mencari referensi tempat terbaik untuk berlibur. Jangan lupa untuk mengajak serta keluarga Anda dan tetap salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY