Kebun Raya Bogor Yang Menyimpan Kekayaan Murni

0
742

Kebun Raya Bogor Yang Menyimpan Kekayaan Murni – Kebun Raya Bogor merupakan kebun raksasa yang berusia tua dan terletak di tengah Kota Bogor. Objek wisata ini dikenal sebagai “Bebas Perawatan”, mengingat kota Bogor merupakan kota dengan curah hujan yang tinggi dan iklim lebih dingin dari Jakarta. KRB yang menjadi objek wisata ini menyimpan berbagai tanaman dengan jenis yang berbeda-beda serta sejarah yang melingkupinya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Kebun Raya Bogor terletak di tengah kota dengan jarak sekitar 60 km dari selatan Jakarta dan dapat ditempuh selama satu jam dari rimba beton Ibukota. Tepatnya KRB ini terletak di Jalan ir.H.Juanda No.13 Bogor, Jawa Barat. Kalau Anda dari luar kota, Jakarta misalnya, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Perjalanan tersebut akan melalui jalan tol. Kalau dari stasiun, Anda bisa kemudian menggunakan KRL dan menyambung dengan angkutan umum. Kira-kira ongkos perjalanan Anda sekitar Rp20.000-Rp50.000,-.

TIKET MASUK

Untuk masuk di Kebun Raya Bogor, Anda akan dikenai biaya tiket sebesar Rp15.000. Sesudah itu, silahkan menikmati koleksi yang ada di dalamnya.

SEJARAH

Pembangunan Kebun Raya Bogor merupakan hasil inisiatif Sir Thomas Stamford Raffles saat menjabat Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Pertama kalinya Raffles membuat kebun kecil untuk mengingatkan pada istrinya. Namun, pada 1817 kebun ini diresmikan setelah diperluas serta dikembangkan. Kebun ini kemudian menjadi pusat introduksi berbagai tanaman ekonomi penting yang saat ini berfungsi untuk tempat konservasi tanaman dan pusat penelitian untuk taksonomi dan utilisasi pabrik. Di sini juga terdapat Istana Bogor yang menjadi kediaman Raffles serta tempat bersejarah dalam Konferensi Bogor.

KEBUN RAYA BOGOR

Tempat wisata ini berada di lahan seluas 87 hektar dengan 400 jenis pohon palem, 5.000 pohon dari seluruh negara tropis dan 3.000 jenis anggrek. Koleksi menariknya adalah bunga bangkau atau bunga titan arum yang merupakan bunga terbesar di dunia. Saat mekar akan menebarkan bau bangkai. Anda bisa melihat langsung proses penyerbukannya maupun mempelajari dari guide Anda. Terdapat rusa tutul merumput di depan Istana Bogor yang bisa menghibur Anda untuk mengabadikannya ke dalam foto.

Di dekat pintu masuk kebunnya, ada Museum Zoologi yang memiliki koleksi lebih dari 300.000 spesies hewan darat dan laut di seluruh Indonesia. Anda juga bisa melihat kerangka ikan paus biru, badak terakhir yang ditemukan di Bandung dan juga fosil hidup ikan Coelacanth.

KEGIATAN

Karena Kebun Raya Bogor begitu besar, Anda mungkin akan bingung harus mulai wisata dari mana. Disini sudah disediakan rute untuk wisatanya yang bisa Anda catat dan dibaca setelah sampai di lokasi. Rute tersebut mulai dari Tugu Rafless-Taman Teisjmann-Makam Kuno Belanda-Kolam Depan Istana Bogor-Bunga Bangkai-Jembatan Gantung Merah-Taman Astrid-Taman Air-Taman Mexico-Patung Sapi-Museum Zoologi-Garden Shop. Di sana terdapat jalan setapak yang sudah beraspal untuk berkeliling sambil mengagumi tanaman dan pepohonan yang sudah berusia tua. Anda juga bisa duduk dan mendengarkan aliran arus sungai yang deras serta batu-batu besar.

Demikianlah info wisata dari Kebun Raya Bogor. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mengunjungi kota tersebut. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY