Keelokan Pulau Datu Yang Menenangkan

0
661

Keelokan Pulau Datu Yang Menenangkan – Pulau Datu merupakan pulau kecil yang masuk dalam wilayah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Pulau yang di tepinya berbatu serta ditumbuhi pepohonan ini terlihat asri dengan perpaduan warna birunya langit serta hijaunya lautan. Objek wisata ini menawarkan wisata religius dan juga wisata bahari.

WISATA DI PULAU DATU

Anda bisa melihat kumpulan pohon yang asri di sekitar pulau yang akan membuat Anda damai seketika. Bagian pulau yang menghadap ke laut dipenuhi dengan bebatuan. Jadi, Anda harus berhati-hati agar tidak terjatuh. Karena beberapa batuannya berukuran besar, Anda bisa berdiri di atasnya sembari melihat pemandangan lautan nan indah. Bagi Anda yang beruntung, di sekitar Pulau Datu juga dapat dijumpai beberapa ikan lumba-lumba yang berkeliaran. Sehingga Anda akan melihat harmoni alam yang patut untuk dinikmati.

Pengunjung yang datang ke sini tidak hanya menikmati panorama alam yang ada. Mereka juga datang untuk mengunjungi makam Datu Pamulutan untuk berziarah. Karena sering dikunjungi peziarah tersebutlah makam ini kemudian direnovasi oleh pemerintah daerah Tanah Laut. Saat ini lokasi makan berada dala ruangan dengan tangga di keempat sisi bangunan. Akses memasuki bangunan tempat makam ini dibuat mudah untuk para peziarah. Fasilitas yang ada di sini, yakni generator listrik yang merupakan satu-satunya sumber energi listrik yang ada di Pulau Datu, dan biasanya digunakan untuk menjalankan mesin untuk menyedot air sumur yang sering digunakan para peziarah untuk membersihkan diri sebelum memasuki makam.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa berangkat dari Pantai Batakan yang sudah menyewakan klotok dan bisa mengantar Anda ke Pulau Datu yang tak jauh dari lokasi pantai. Dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit Anda bisa sampai di Pulau Datu. Selain itu, Anda juga bisa berangkat dari Pantai Tanjung Dewa yang tak jauh dari Pantai Batakan. Kalau Anda berangkat dari Banjarmasin, waktu tempuhnya bisa sekitar 2 jam melalui jalur darat.

Ongkos untuk klotok yang Anda tumpangi sekitar Rp50.000-Rp70.000 sedangkan bagi yang datang dari Banjarmasin dan menyewa kendaraan, kemungkinan biayanya sekitar Rp200.000-Rp400.000,-.

PERJALANAN

Ketika melakukan perjalanan menuju Pulau Datu, Anda akan melewati lautan yang berwarna biru kehijauan. Ombak yang menerpa sangat tenang sehingga aman bagi anak-anak yang bermain di laut yang dekat dengan pantai. Jadi, Anda bisa berekreasi ke Pantai dulu sebelum ke Pulau Datu. Saat sudah mendekati Pulau Datu, akan terlihat dermaga di kejauhan. Dermaga inilah tempat perahu bersandar. Tepat di ujungnya terdapat gapura yang bertuliskan “Makam Datu Pamulutan”, yang menyambut Anda di Pulau Datu.

Selamat berlibur di Pulau Datu dan sampai jumpa. Semoga liburan Anda kali ini menghasilkan banyak manfaat. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY