Keindahan Syahdu di Pantai Kubu

0
666

Keindahan Syahdu di Pantai Kubu – Anda pasti mendambakan duduk santai di dermaga kayu dan menghadap birunya laut sembari menerawang pemandangan yang menakjubkan. Apalagi semilir angin yang berlari-lari di atas kulit sama sekali tak mengganggu. Hal itu bisa Anda rasakan di Pantai Kubu yang ada di Pangkalan Bun atau biasa disebut sebagai Kota Manis. Pantainya yang tenang dijamin akan membuat Anda bisa melepas lelah dan berkutat dengan aroma kesegaran dari suasana pantai tersebut.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pantai Kubu terletak di Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat. Jaraknya dari Pangkalan Bun sekitar 30 km dan dapat ditempuh selama 45 menit. Jalan menuju lokasi cukup baik dan bisa dijangkau oleh kendaraan pribadi Anda, sebab tidak ada transportasi umum yang melewati jalur tersebut. Anda bisa menyewa kendaraan seharga Rp200.000 untuk mengunjungi pantai ini seandainya tidak membawa kendaraan pribadi.

Buat Anda yang datang dari Surabaya atau Semarang bisa naik kapal laut menuju Pelabuhan Kumai, karena pantai ini terletak di kawasan pelabuhan tersebut. PT. Dharma Laut Utama dan PT.Pelni merupakan perusahaan yang melayani keberangkatan kapal dari dan ke Pelabuhan Kumai. Anda bisa melihat jadwal keberangkatan dan harga tiket di masing-masing website perusahaan tersebut.

WISATA DI PANTAI KUBU

Pantai Kubu termasuk dalam kawasan wisata Pantai Bogam Raya yang ada di Kumai. Pantai ini memiliki pasri putih kecoklatan dan air laut yang berwarna coklat, sebab dekat dengan hutan gambut. Kondisi pantainya yang landai cocok untuk bermain dan berjalan-jalan. Terdapat lokasi yang menjorok ke arah laut yang bisa Anda gunakan untuk merasakan semilir angin laut secara langsung. Terdapat dua pintu masuk menuju pantai ini, yang pertama dengan ikon Kepiting Raksasa dan yang kedua Patung Buaya. Pintu yang pertama memberikan Anda fasilitas dermaga kayu yang panjangnya 300 meter dari bibir pantai. Sedangkan pintu kedua menawarkan fasilitas permainan tanpa ada dermaga kayu.

Di dermaga kayu, Anda bisa merasakan semilir angin sambil menikmati pemandangan laut yang mempesona atau menancing dan sekedar melihat ikan, kepiting dan ubur-ubur. Di sana, Anda juga dapat menyaksikan para nelayan sedang menangkap ikan.

FASILITAS

Anda bisa menyewa kapal kecil yang bisa mengantarkan Anda berkeliling di sekitar kawasan Pantai Kubu. Tarif sewanya sekitar Rp100.000/orang. Terdapat pula fasilitas banana boat yang memiliki tarif yang hampir sama dengan kapal kecil. Icip-icip kuliner di Pantai Kubu yang menyajikan menu makanan laut, seperti kepiting, ikan bakar, udang rebus dan cumi.

YANG UNIK

Pantai yang landai dan menghadap Laut Jawa ini merupakan pantai kebanggaan masyarakat setempat. Setiap tahun baru, pantai ini mengadakan pesta kembang api yang selalu dipadati oleh keramaian pengunjung yang menanti pergantian tahun.

Nikmati kesyahduan suasana di Pantai Kubu sebagai obat penenang Anda atas kelelahan yang ditimbulkan rutinitas harian. Selamat berlibur dan salam ransel!

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY