Kekayaan Alam Pulau Bitila

0
1245

Kekayaan Alam Pulau Bitila – Pulau Bitila adalah objek wisata yang ada di Gorontalo, tepatnya di Desa Kramat, Kabupaten Pohuwatu. Pulau ini memiliki kekayaan yang tersembunyi dan belum diketahui banyak orang, terutama yang tinggal di luar Gorontalo. Silahkan buktikan sendiri dengan berwisata ke tempat tersebut bersama keluarga.

KONON KATANYA

Menurut masyarakat setempat, pulau ini masih memiliki hubungan erat dengan Pesisir Pantai Botohuwayo atau batu buaya. Sebab, asal mula terbentuknya pulai ini berkat kayu yang digunakan oleh salah satu anak bungsu Raja Bilalea yang bernama Bilatula yang dibunuh oleh kakaknya dengan meninggalkannya di sekitar batu karang beserta tongkat kayu dengan nama Kayu Bitila. Akhirnya ia tenggelam dan ada buaya yang menolongnya serta mengantarkannya ke daratan. Ia akan memberikan hadiah kepada di buaya itu, namun ketika ia kembali, sang buaya sudah dibunuh oleh pemburu. Sang buaya berikut pemburunya jadi batu di sekitar pantai yang bisa Anda temui di Botuhuwayo.

KEINDAHAN ALAM

Pulau Bitila merupakan pulau yang masih perawan. Pasir putih dan keadaan sekitar alamnya masih alami. Keindahan di pulau ini, selain pemandangan di atas laut yang menarik, alam bawah lautnya pun sangat menakjubkan. Lautnya yang jernih membuat biota laut yang ada di dalamnya terlihat jelas. Kedalaman lautnya pun hanya sekitar 60 cm saja. Ombaknya juga tidak terlalu besar untuk memberi ketenangan bagi Anda. Bahkan menurut para ahli, keindahan taman laut di Bitila lebih indah daripada yang ada di Bunaken.

KEGIATAN DI PULAU

Selain Anda bisa menikmati keindahan laut, Anda pun dapat mengagumi keindahan yang ada di pulau tersebut. Jangan lupa membawa bekal secukupnya untuk berpiknik bersama keluarga. Suasana di sekitar yang sejuk dijamin akan membawa Anda ke ketentraman wisata. Silahkan menyewa perahu nelayan untuk beberapa jam agar Anda dapat melihat pemandangan laut di sekitar yang belum pernah Anda lihat sebelumnya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pulau Bitila terletak di Desa Kramat, Kabupaten Pohuwatu dengan jarak sekitar 140 km dari kota Gorontalo. Dari Kota Gorontalo, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi untuk sampai ke Desa Kramat dengan waktu tempuh 3 jam. Lebih baik menyewa jasa travel dengan biaya Rp300.000-Rp450.000 dengan rombongan untuk sampai di desa tersebut. Setelah sampai di Pantai Botohuwayo Desa Kramat, Anda meneruskan perjalanan dengan menaiki perahu atau sampan yang disewakan oleh warga setempat. Untuk sampai di pulaunya sendiri, Anda akan menempuh waktu satu jam. Ongkos perahu atau sampan yang Anda tumpangi sekitar Rp20.000-Rp50.000,-.

Sudah puas dengan informasi wisata yang diberikan? Anda pasti sudah tidak sabar untuk berwisata di pulau ini begitu mendengar taman lautnya lebih indah daripada yang ada di Bunaken. Selamat melakukan liburan Anda dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY