Kemegahan Masjid Agung Meulaboh

0
1447

Kemegahan Masjid Agung Meulaboh – Masjid Agung diresmikan pada 1 Juni 1999 dengan daya tampung 7.000 jemaah dan luas masjid 3.500 meter persegi di atas lahan 6.000 meter persegi. Masjid kebanggaan Aceh Barat ini dibangun dengan arsitektur yang indah. Banyak wisatawan yang berkunjung dengan alasan yang berbeda-beda. Bisa hanya ingin melihat-lihat dan mendalami ilmu sejarahnya, bisa pula beribadah sembari mengagumi kemegahan masjid tersebut. Selain itu, masjid ini menjadi pusat pendidikan Islam. Banyak anak TK yang belajar membaca Al-Qur’an dan ilmu agama di masjid ini.

ARSITEKTUR MASJID AGUNG

Masjid Agung memiliki ciri khas, yakni yang dapat dilihat kasat mata adalah kubah yang berjumlah 3 serta diapir oleh 2 kubah menara air berukuran kecil. Bentuk semua kubah sama, yaitu bulat berujung lancip khas perpaduan Asia dan Timur Tengah. Ada pula 2 menara baru di sisi mihrab. Di luarnya ada gerbang utama yang menghadirkan keindahan yang merupakan rancangan Andalusia dan mendominasi interior masjid.

DUA KONSEP BERBEDA

Terdapat dua konsep ruang berbeda di dalam masjid. Pertama, ruangan yang memiliki banyak tiang penyangga lantai dua. Di bagian tengah terdapat ruang lapang dengan ornamen lampu ias menggantung di tengah ruangan. Inspirasi dan gaya Timur Tengah dari bentuk mihrab yang didominasi warna cokelat dan keemasan. Khas perunggu dengan ornamen khas Islam.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Lokasi Masjid Agung Meulaboh ini di Jl. Imam Bonjol No. 100 Desa Seuneubok, Johan Pahlawan, Meulaboh. Untuk menuju ke sana, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Dengan lama perjalanan sekitar 45-60 menit. Ongkos kendaraan yang Anda tumpangi, bisa angkot sampai ojek dan becak motor, adalah sekitar Rp7.000-Rp25.000,-.

STRATEGIS

Masjid Agung Meulaboh ini letaknya sangat strategis. Berada di persimpangan yang membelah beberapa kabupaten. Di bagian timur bersimpangan dengan Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat Daya, masing-masing menuju ke Kabupaten Aceh Tengah dan Singkil atau Aceh Selatan. Di sebelah Barat, yaitu Aceh Jaya yang menuju ke Banda Aceh. Sedangkan sebelah selatan diapit Lautan Hindia dengan dengan pelabuhan Meulaboh menuju Simeulu.

HOTEL

Setelah puas berwisata religi, Anda bisa beristirahat di hotel yang sudah disiapkan Meulaboh. Beberapa di antaranya adalah Anggrek WismaJl.Gajah Mada, Meulaboh Hotel MeuligoJl.Iskandar Muda No.35 Meulaboh Telp.0655-22422. Masing-masing memiliki tarif yang berbeda tergantung fasilitasnya. Namun, Anda akan nyaman menginap di dua penginapan tersebut.

Sempatkan setahun sekali berwisata religi agar Anda dapat mendalami ilmu agama Islam. Sejarahnya yang panjang dan menarik tentu dinanti-nantikan oleh beberapa orang. Ajak serta keluarga dan kawan-kawan untuk juga mengambil ilmu dari wisata religi yang Anda kunjungi, baik itu di Aceh maupun di kota lainnya. Selamat berlibur dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY