Kemegahan Masjid Baiturrahman, Objek Wisata Religi Aceh

0
1056
Masjid Baiturrahman

Kemegahan Masjid Baiturrahman, Objek Wisata Religi Aceh – 11 tahun lalu di Aceh terjadi bencana yang memporak porandakan hampir seluruh kota. Bencana Tsunami yang menghancur dan meluluhlantakkan setiap bangunan tidak berhasil menghancurkan bangunan ini. Karena kebesaran-Nya lah yang dapat melindungi masjid tersebut. Bahkan, bangunan yang megah dan kokoh ini menjadi tempat berlindung ratusan orang dari bencana besar itu.

Masjid yang merupakan karya arsitektur Islam Indonesia ini pertama kali dibangun pada tahun 1621 dari kayu, menurut kitab kerajaan, di bawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda. Masjid ini sempat hancur pada saat perang. Namun, menyadari kepentingan dan nilainya bagi masyarakat Aceh, Mayor Jenderal Vander membangunnya kembali pada tahun 1879. Dua kubah ditambahkan oleh Belanda pada tahun 1936 dan dua lainnya ditambahkan oleh pemerintah Indonesia 21 tahun kemudian.

PEMANDANGAN MENAKJUBKAN DI LUAR DAN DALAM MASJID

Dari luar, Masjid Baiturrahman terlihat megah dan kokoh. Perpaduan warna dari cat masjid tersebut. Mulai dari kubahnya yang hitam dan warna temboknya yang putih keabu-abuan. Saat ini masjid Raya Baiturrahman memiliki tujuh kubah, empat menara dan satu menara induk. Di bagian luar masjid, terdapat halaman yang luas dengan sebuah kolam besar serta pohon kelapa dan tamanan hias yang tumbuh di sekitarnya. Bangunan berarsitektur unik ini memiliki luas 4.769 m2 dengan lantai marmer buatan Italia dan dapat menampung lebih dari 8.000 jama’ah.

KEGIATAN, KULINER DAN BERKELILING DI SEKITAR MASJID

Jika Anda ingin berkunjung ke masjid ini, waktu yang paling baik adalah pada saat sholat Jum’at. Karena pada saat tersebut, seluruh bagian dan pelataran masjid dipenuhi orang yang melangsungkan sholat. Sehingga akan memudahkan Anda untuk berjalan-jalan dipandu oleh pemandu yang tahu betul sejarah beserta kegiatan apa saja yang dilakukan di masjid ini.

Anda juga bisa mengunjungi Pasar Aceh yang letaknya di belakang masjid untuk membeli barang menarik serta makanan ringan khas Aceh. Selain itu, berkeliling di sekitar masjid dan kota juga bisa Anda lakukan dengan kendaraan umum, seperti labi-labi dan taksi. Anda juga bisa menyewa Motoped untuk berkeliling kota. Tarif untuk transportasi di atas mulai dari Rp5.000,- sampai dengan Rp50.000,-

LOKASI

Masjid Baiturrahman Aceh terletak di pusat kota dan dekat dengan pasar tradisional. Jaraknya dari bandara hanya 30 menit dengan mengendarai kendaraan umum, bus damri

Baiturrahman-banda-aceh-Wisata-Religi-1

TRANSPORTASI

Tiket pesawat dari Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) sekitar Rp1.300.000, sehingga untuk pulang pergi biayanya menjadi dua kali lipat. Tentunya Anda harus mengecek di biro perjalanan, karena harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah. Untuk menuju ke lokasi, seperti yang sudah dikatakan tadi bisa mengendarai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Cukup dengan Rp5.000, untuk kendaraan umum dan Anda akan sampai di tempat tujuan dalam waktu kurang lebih 30 menit.

HOTEL TERDEKAT DENGAN MASJID BAITURRAHMAN

Ada beberapa hotel yang dekat dengan masjid tersebut, di antaranya:

Sulthan Hotel International; 0,36 km dari masjid; Fasilitas: Wi-Fi gratis di semua kamar, layanan kamar 24 jam, bebas asap rokok, AC beserta fasilitas ideal lainnya yang membuat Anda nyaman menginap di hotel tersebut. Tarif sekitar Rp250.000,- sampai di atas Rp2.000.000,-.

Hip Hop Hotel; 0,16 km dari masjid; Fasilitas Wi-Fi di semua kamar dan tempat umum, satpam 24 jam, layanan kamar, AC, dan layanan bangun pagi serta berbagai layanan lainnya. Tarif sekitar Rp245.000,- sampai dengan di atas Rp2.500.000,-.

Tentu Anda harus terus mengecek tarif hotel karena sewaktu-waktu bisa berubah.

Mendalami ilmu sejarah, tidak hanya dengan membaca bukunya. Namun, kalau Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang kaya akan sejarah budayanya, serta dapat dimanfaatkan untuk mempelajari hal tersebut, kenapa tidak? Masjid Baiturrahman sebagai salah satu kekayaan Indonesia, khususnya umat Islam dapat dijadikan salah satu tempat wisata rohani untuk Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY