Kemenarikan Koleksi Bersejarah di Museum Wasaka

0
881

Kemenarikan Koleksi Bersejarah di Museum Wasaka – Museum yang ada di Kalimantan Selatan ini menyimpan banyak koleksi yang merupakan peninggalan kebudayaan. Koleksi tersebut berasal dari jaman penjajahan beberapa abad silam. Museum yang diresmikan pada tahun 1991 ini bertujuan untuk menjaga kelestarian bangunan tradisional Banjar sekaligus mengingatkan generasi penerus untuk menjaga warisan perjuangan.

SEJARAH DAN ASAL USUL

Museum Wasaka diresmikan pada 10 November 1991 dan bertempat di rumah Banjar Bubungan Tinggi yang kemudian dialihfungsikan menjadi museum. Nama Wasaka sendiri merupakan kepanjangan dari Waja Sampai Ka Puting. Kepanjangan tersebut adalah motto dari masyarakat Kalimantan Selatan yang berarti ‘perjuangan yang tiada akhir sampai tetes darah penghabisan’. Hal tersebut karena museum ini dibangun untuk mengenang perjuangan masyarakat Banjar melawan para penjajah.

Di sini Anda juga bisa mengetahui bahwa dalam Perjanjian Linggarjati dan Renville, Kalimantan tidak menjadi daerah Republik Indonesia. Akan tetapi, karena kecintaan rakyat pada negeri ini, Kalimantan dapat bersatu dengan NKRI. Saat pertama kali diresmikan, museum ini hanya memiliki 77 koleksi benda-benda sejarah. Namun, sekarang koleksinya sudah bertambah hingga ratusan.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Museum Wasaka berada di Gang H.Andir, Kampung Ulu, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin. Anda bisa menuju ke lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Kalau Anda memilih pilihan yang kedua, Anda akan menghabiskan biaya sekitar Rp3.000-Rp7.000. Namun, menggunakan angkot mungkin agak lama, karena kadang angkot juga penuh. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, silahkan ikuti petunjuk dari penduduk sekitar atau bisa menggunakan teknologi GPS di smartphone Anda.

JAM BUKA DAN FASILITAS

Museum ini buka pada hari Selasa-Minggu dengan jam buka pada hari Selasa-Kamis dan Minggu pukul 08.30-13.30 sedangkan Jumat pada pukul 08.30-10.30. Untuk Senin dan hari libur nasional, museum ini tutup. Bagi Anda yang berkunjung di sini tidak dipungut biaya, parkirpun juga gratis. Menarik, bukan? Murah meriah untuk berwisata dan menambah ilmu pengetahuan.

KOLEKSI MENARIK

Di museum ini terdapat banyak koleksi yang pasti akan membuat Anda tertarik untuk melihat dan mengaguminya. Koleksi di museum ini adalah peninggalan sejarah yang sangat antik. Contohnya saja, pistol VOC. Terdapat 400 benda bersejarah, termasuk daftar organisasi yang pernah berjuang menentang penjajah, seperti Laksar Hasbullah yang dulunya bermarkas di Martapura. Koleksi menarik yang termasuk di dalamnya adalah benda bersejarah seperti senapan, tombak, mandau, mesin tik kuno, mortir dan kamera serta sepeda kuno yang dulu menjadi sarana untuk mengirim surat pada masa penjajahan Belanda.

Itulah tadi referensi wisata dari Museum Wasaka. Semoga Anda puas dan dapat menggunakannya sebagai informasi untuk berwisata ke Kalimantan Selatan. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY