Makam Putroe Neng, Wanita Dengan Kecantikan Tiada Tara

0
1267

Makam Putroe Neng, Wanita Dengan Kecantikan Tiada Tara – Makam ini merupakan makam seorang wanita yang berasal dari Tiongkok dan berhasil masuk Islam. Wanita tersebut sebelumnya merupakan seorang yang penuh ambisi untuk menguasai seluruh kerajaan di Aceh. Sampai akhirnya ia memutuskan menjadi mualaf karena suatu hal. Kecantikannya yang tiada dua membuat para bangsawan ingin menjadikannya istri. Namun, wanita ini selalu memberi syarat yang berat terhadap semua permintaannya. Simak kelanjutannya di bawah ini.

SEJARAH PUTROE NENG

Putroe Neng merupakan seorang wanita yang cantik jelita pada zamannya. Setiap laki-laki tidak ada yang tidak mengagumi keelokan dan kecantikannya. Wanita yang bernama asli Nian Nio Lian Khi ini merupakan seorang laksamana atau komandan perang yang berasal dari Tiongkok. Dia ingin memperluas kekuasaannya, bahkan telah berhasil menguasai tiga kerajaan kecil namun berhasil dikalahkan oleh pasukan Aceh. Kejadian ini membuat ia akhirnya menjadi muallaf dan mengubah namanya menjadi Putroe Neng dan menikah dengan Sultan Meurah Johan yang berhasil mengalahkannya.

Putroe Neng pernah menikah dengan 99 orang pria dan pria-pria tersebut meninggal pada malam pertama akibat racun yang dimiliki wanita itu. Sampai akhirnya, sang suami yang terakhir Syekh Syiah Hudam yang berhasil mengeluararkan racun itu, sehingga kecantikan yang dimilikinya memudar.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Makam ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Lhokseumawe. Jaraknya sekitar 5-6 kilometer, tepatnya di sekitar Jalan Merdeka atau yang dikenal dengan nama Jalan Medan-Banda Aceh. Lama perjalanan yang ditempuh untuk menuju ke lokasi sekitar 20 menit. Anda bisa menggunakan motor ataupun mobi untuk ke tempat ini. Jika menaiki labi-labi atau ojek, ongkosnya sekitar Rp3.000-Rp7.000,-. Cukup murah untuk sampai ke lokasi yang dituju.

MAKAM PUTROE NENG

Di pemakaman tersebut terdapat 11 makam, namun tidak ada yang tahu makam siapa saja yang ada di situ. Di batu nisan makam Putroe Neng ini tertulis nama dengan huruf Pallawa. Seorang penyelidik mengatakan bahwa tulisan tersebut adalah benar nama Putroe Neng. Jadi bisa dipastikan makam ini memang benar makam beliau. Menurut legenda yang ada, 99 suami Putroe Neng yang meninggal tersebut hanyalah mitos belaka. Siapapun bisa percaya, bisa juga tidak karena namanya legenda, pasti versinya berbeda, datangnya dari mulut rakyat sekitar.

HAL GAIB

Seorang penjaga makam pernah mengatakan bahwa sering terjadi hal gaib selama beliau menjaga makam Putroe Neng tersebut. Banyak yang bilang makamnya angker, karena pernah ada kejadian yang ganjil setiap ada pengunjung yang berfoto di sana. Mulai dari fotonya rusak, terdapat penampakan di foto, sampai kematian dari pengambil gambar tersebut. Disarankan jika memang takut terjadi apa-apa, jangan melakukan sesuatu yang tidak boleh dilakukan di makam tersebut.

Sebagai wisata sejarah, makam Putroe Neng cocok sekali untuk pemula. Sejarahnya yang tidak terlalu membuat pusing siapapun yang mendengarkan akan membuat liburan Anda menyenangkan. Apalagi ada cerita mistis dibalik itu semua. Penasaran bukan? Selamat liburan, salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY