Wisata Aceh – Makam Sang Sultan Iskandar Muda – Sultan Iskandar Muda adalah Sultan Aceh yang memiliki kejayaan pada masa pemerintahannya (1607-1636). Beliau adalah sultan terbesar sepanjang sejarah kesultanan Aceh. Beliau sangat adil, bijaksana dan arif. Selama masa kejayaannya selalu menjunjung tinggi hukum yang berlaku. Setelah wafat, Sultan Iskandar Muda dimakamkan di komplek baperis, kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh.

MAKAM YANG TERAWAT

Makam sang sultan bersih dan terawat, terdapat pagar yang melindungi makam tersebut serta atap yang memiliki tingkat tiga menambah kesan megah dalam makam ini. Terdapat pula ukiran kaligrafi di sepanjang sisi makam. Di luar pagar makam terdapat pohon yang rindang dan membuat suasana sekitar tetap sejuk. Dan di bawahnya, ada meriam yang diletakkan ke arah depan jalan masuk makam, menambah kesan kehebatan sang sultan dalam masa pemerintahannya. Di depan pintu masuk makam sendiri, terdapat tugu yang menceritakan sejarah singkat pahlawan nasional tersebut.

Kebanyakan pengunjung yang datang bertujuan untuk ziarah dan mengirim doa untuk sang Sultan. Selain itu, jika Anda kesana, juga bisa mengunjungi makam beberapa pahlawan Indonesia.

KELILING DAN BELANJA

Anda bisa mengelilingi jalan di sekitar kompleks makam tersebut dan menikmati keindahan tempatnya. Untuk mengelilingi Aceh juga bisa dengan menyewa kendaraan pribadi dengan tarif Rp400.000,- termasuk sopir dan perjalanan 10 jam. Selain itu Anda bisa mampir di rumah makan yang menjual aneka makanan khas Aceh, seperti roti kari, roti canai dan lain sebagainya. Belanja souvenir bisa dilakukan di pasar tradisional Aceh.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Setelah sampai di Bandara Iskandar Muda, untuk menuju ke lokasi wisata sangatlah gampang. Naik bus damri dengan ongkos Rp5.000-Rp20.000 saja Anda sudah sampai ke lokasi. Walaupun disana tidak ada angkutan umum labi-labi yang melintas, namun Anda bisa naik angkutan tersebut untuk lebih mendekati lokasi ini. Di persimpangan Jalan Teuku Cik Di tiro dan Jalan Sultan Mahmudsyah, Anda bisa turun dekat jembatan dan melewati jalan kecil di kanan jalan. Tidak begitu jauh dari situ Anda akan sampai ke komplek makam. Alternatif angkutan lain, yaitu becak motor akan memudahkan perjalanan Anda hanya dengan tarif Rp10.000,-.

HOTEL

Buat Anda yang ingin menginap dengan hotel yang tarifnya cukup murah, bisa ke Hotel Prapat Jl.Jenderal Ahmad Yani No.17. Telp. 0651 22159. Tarif hotel murah Rp100.000,- sampai Rp300.000,-. Hotel lainnya yaitu Hotel Medan Jl.Jenderal Ahmad Yani No.15. Telp. 0651 33851, 21501 Banda Aceh. Rentang harga Rp200.000-Rp350.000,-

Untuk berkunjung di makam Iskandar Muda, waktu yang tepat adalah ketika sore hari. Apalagi Anda berjalan ke makam. Berkeliling Banda Aceh dengan labi-labi lebih dapat menikmati perjalanan. Namun, ingat, labi-labih beroperasi sampai jam 4 sore saja.

Semoga liburan Anda menyenangkan dan juga berkunjung ke objek wisata Aceh tidak akan membuat Anda menyesal. Selamat belajar sejarah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY