Martapura, Kilauan Batu Mulia di Dunia Intan 

0
924

Martapura, Kilauan Batu Mulia di Dunia Intan – Martapura merupakan kota kecil yang terkenal sebagai penghasil batu mulia. Martapura ini juga merupakan ibukota kabupaten Banja yang dikenal sebagai pusat pengolahan berlian dan transaksi berlian di Kalimantan. Kota ini disebut sebagai salah satu daerah penghasil batu mulia berkualitas terbaik di dunia.

KILAUAN BERLIAN

Buat Anda yang gemar mengoleksi aksesoris dan perhiasan, terutama berlian murni silahkan berburu di sini bersama keluarga. Kualitasnya sudah jangan diragukan lagi karena sudah diakui menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Adalah Pasar Cahaya Bumi Selamat yang menyediakan berbagai batu mulia dan dapat dengan mudah ditemukan. Segala transaksi sampai jutaan rupiah berada di pasar sederhana ini.

INTAN DI MARTAPURA

Selain terkenal menjadi tempat transaksi batu mulia di Kalimantan, Maratapura juga merupakan lokasi penambangan atau pendulangan intan dan batu mulia lain. Intan bernama Putri Malu merupakan batu mulia yang membuat Martapura dikenal dunia. Intan yang ditemukan di lokasi penambangan Pengaron ini memiliki berat sekitar 200 karat. Intan tersebutlah yang konon merupakan intan terbesar yang pernah ditemukan di Kalimantan.

Anda bisa pergi ke jantung Kota Martapura untuk melihat berbagai rumah pengrajin intan yang menggunakan teknik tradisional maupun modern. Kayu Tangi merupakan pusat pengrajin intan yang terkenal dan terletak tepat di belakang Pasar Cahaya Bumi Selamat. Di tempat tersebutlah intan yang sudah didulang dibawa untuk dipoles menjadi berbagai bentuk serta ukuran menggunakan teknik tradisional

KOTA SANTRI

Martapura, selain menjadi kota Intan, juga kental dengan nuansa religiusnya. Bahkan kota ini dikenal sebagai kota santri serta memiliki sebutan ‘Serambi Mekkah’ layaknya Aceh. Tidak jarang jika Anda menemukan huruf Arab tampak bersanding dengan huruf Latin pada petunjuk jalan atau beberapa bangunan. Terdapat pesantren yang bernama Darussalam yang telah mencetak banyak santri. Bangunan yang paling mewakili kesan religius di kota tersebut adalah Masjid Jami Martapura yang saat ini bernama Masjid Agung Al-Karomah. Masjid tersebut merupakan yang tertua di Martapura. Masjid ini memiliki arsitektur Eropa dengan kubah raksasa yang dihiasi ragam warna yang indah.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Martapura terletak 45 km dari timur Banjarmasin. Waktu tempuhnya dari ibukota Kalimantan tersebut sekitar 1 jam. Dari sana Anda bisa memilih kendaraan umum atau menyewa mobil serta menggunakan kendaraan pribadi Anda untuk sampai ke lokasi. Ongkos untuk sewa mobil dan naik kendaraan umum sekitar Rp30.000-Rp300.000,-. Kalau Anda dari kota Banjarbaru, bisa ditempuh sekitar 15 menit. Sedangkan dari Bandara Syamsudin Noor sekitar 20 menit.

Kenapa Martapura disebut wisata keluarga? Karena di tempat ini Anda bisa menghabiskan waktu dengan keluarga Anda untuk melihat-lihat batu mulia di pasar yang sudah disebutkan tadi serta menyaksikan pendulangan dan pengolahan batu mulia tersebut. Anda bisa mengajak sang anak untuk memberi mereka edukasi tentang pengolahan intan di berbagai rumah pengrajin. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY