Melihat Koleksi di Museum Negeri Bengkulu

0
812

Melihat Koleksi di Museum Negeri Bengkulu – Museum Negeri Bengkulu merupakan salah satu museum yang ada di Provinsi Bengkulu. Museum ini menyimpan beberapa koleksi dalam bidang apapun, seperti etnografika, arkeologika, historika, naskah kuno dan masih banyak lagi. Begitu banyak koleksinya sehingga membuat para wisatawan tertarik untuk datang melihat koleksi tersebut.

SEJARAH

Museum ini dibangun pada 1978, namun baru difungsikan pada 1980. Awalnya bertempat di Benteng Marlborough, namun tiga tahun kemudian dipindahkan di gedung barunya yang sekarang. Museum tersebut diresmikan oleh Drs.GBPH Poeger, Dirjen Pameran Temporer. Sampai sekarang museum tersebut berdiri di tempatnya dan tetap mengundang minat para wisatawan.

KOLEKSI MUSEUM

Terdapat 3.660 koleksi yang meliputi bidang nurismatika, filogika, keramologika dan 126 koleksi naskah-naskah kuno seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Sampai saat ini, naskah-naskah tersebut tidak diketahui identitas penulisnya. Sepuluh di antaranya telah berhasil diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Koleksi tersebut di antaranya, sejarah, wejangan, pantun yang berumur ratusan tahun. Ada juga koleksi kain tradisional, seperti kain Besurek dengan motif-motif kaligrafi Arab yang merupakan perkembangan dari lambang Surya Majapahit. Drukkey Populait merupakan koleksi menarik berupa mesin cetak dengan merk Golden Press buatan AS. Mesin inilah yang digunakan oleh pemerintah Indonesia untuk mencetak ‘uang merah’, sejenis Oeang Republik Indonesia sebagai alat tukar menukar yang sah khusus di wilayah Bengkulu.

FASILITAS

Di objek wisata ini terdapat beberapa fasilitas yang sangat menunjang, seperti ruang auditorium, audio visual. Pameran temporer, pameran tetap, penyimpanan koleksi, administrasi, perpustakaan dan toilet. Semua fasilitas di atas akan membuat liburan Anda di museum ini semakin menyenangkan.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Museum Negeri Bengkulu terletak di Jalan Pembangunan No.8 Padang Harapan, Bengkulu Telp.0736-22098. Berikut ini merupakan jarak tempuh Museum Negeri Bengkulu dari beberapa tempat, yaitu Bandara: 9 km; Terminal: 3 km; Pelabuhan: 10 km. Pilih saja mana yang dekat dan dirasa mudah transportasinya. Untuk menuju ke lokasi, Anda dapat menggunakan berbagai alternatif kendaraan, seperti yang paling dekat misalnya bus atau angkot. Dengan tarif sekitar Rp3.000-Rp6.000 saja Anda sudah sampai ke lokasi. Sejauh ini, transportasi tersebut yang paling murah dan tersedia dimana-mana.

INFO PENTING SEPUTAR MUSEUM

Jadwal museum buka, yaitu pada hari Selasa-Minggu pukul 08.00-13.00. Sedangkan pada hari Senin, Museum Negeri Bengkulu tutup. Untuk memasuki lokasi wisata tersebut, Anda dikenai tiket Rp1.000 untuk orang dewasa, Rp500 untuk anak-anak, rombongan anak-anak dan rombongan dewasa. Terdapat program berupa pameran keliling, museum keliling dan ceramah di Museum Negeri Bengkulu ini.

Koleksi yang ada di Museum Negeri Bengkulu yang berusia ratusan tahun tersebut patut untuk dilestarikan dan dijaga keberadaannya. Oleh karena itu, Anda juga harus demikian Menjaganya supaya tidak rusak dan punah oleh segala hal. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY