Membuat Jejak di Pantai Iboih

0
522

 Membuat Jejak di Pantai Iboih – Pantai yang memberi ketenangan ini sering disebut sebagai Teupin Layeu. Keindahannya yang mempesona membuat setiap kaki yang berpijak enggan untuk berbalik. Lokasinya yang tersembunyi membuat pantai ini hampir bisa dikatakan tidak terlalu terkena dampak tsunami. Anda akan menjumpai pepohonan rindang yang memayungi pantai ini sehingga membuat Anda semakin menyukai dan ingin terus berada dalam naungannya.

MENYUSURI PANTAI

Kegiatan yang utama dilakukan oleh para wisatawan yang datang ke pantai adalah berjemur dan bersantai. Kebanyakan juga memilih olahraga laut yang alat-alat dan kelengkapannya sudah disediakan di sekitar pantai, mereka tinggal menyewanya. Namun, bagi Anda yang lebih memilih menyusuri pantai, akan sangat menarik jika melihat pemandangan yang disuguhkan. Seperti hamparan pasir, pemandangan laut, gunung sebagai latar belakangnya dan juga perahu nelayan yang terdapat di sekitar pantai tersebut.

HAMPARAN LUKISAN AGUNG

Ketika Anda menyusuri pesisir pantai, Anda akan melihat bebatuan yang seolah membentuk formasi dan dimanfaatkan untuk membangun istana kecil bagi wisatawan. Dari jauh juga terlihat Pulau Rubiah yang terkenal akan pemandangan lautnya. Pohon-pohon menghijau terhampar di depan mata. Laut di pantainya biru serta ombaknya tenang dan hening. Suasana di pantai tersebut menggambarkan sebuah tempat bak nirwana yang memberi kenyamanan sekaligus ketenangan.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Fasilitas yang bisa Anda dapatkan yaitu, peralatan snorkeling dan olahraga laut lainnya. Untuk menyewa alat-alat tersebut Anda akan dikenai biaya sebesar Rp40.000-Rp60.000,-. Terdapat warung-warung makanan dan minuman di sekitar pantai. Jika Anda ingin makanan yang lebih beragam, Anda bisa sekalian berjalan-jalan ke arah selatan sedikit, di pantai Gapang. Di sana terdapat beberapa restoran dan cafe yang menyediakan makanan seperti gado-gado dan juga makanan Eropa. Bisa Anda temukan di sekitar situ, yaitu dengan nama Dang Dang Na. Jika Anda ingin menginap, datanglah ke tempat makan. Karena penginapan dan tempat makan di sana biasanya menjadi satu tempat.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pantai Iboih terletak di sebelah barat Pulau Weh. Biasanya pengunjung berangkat dari Pelabuhan Balohan atau dari Sabang dengan menyewa kendaraan seperti mobil dari agen travel. Namun, ada pula yang menggunakan angkutan umum. Untuk menuju kesana hanya memerlukan waktu satu jam perjalanan saja dan selalu dilewati mereka yang menuju ke Kilometer Nol, Sabang. Ongkos perjalanan sekitar Rp50.000,- per orang jika berangkat bersama-sama dengan rombongan untuk mencapai pantai ini.

PERATURAN PANTAI

Karena Aceh merupakan provinsi yang menaati hukum Islam yang kuat, maka makanan yang disajikanpun bebas dari alkohol dan makanan haram lainnya. Di pantai tersebut terdapat makanan dan minuman khas yang lezat, tentunya seperti makanan laut. Namun, hati-hati, bagi Anda yang datang ke sini, jangan pernah mencoba membawa minuman beralkohol karena sangat dilarang penuh.

Pantai Iboih bisa Anda jadikan destinasi wisata Anda selanjutnya. Selamat menyusuri pantai tersebut dan semoga liburan Anda di Sabang tidak mengecewakan sama sekali. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY