Mempelajari Sejarah Perkeretaapian di Museum Kereta Api

0
578

Mempelajari Sejarah Perkeretaapian di Museum Kereta Api – Museum Kereta Api merupakan peninggalan Belanda yang memiliki beberapa koleksi lokomotif tua. Di dalamnya, Anda dan keluarga bisa mengagumi keindahan serta sejarahnya, mengingat Ambarawa merupakan daerah yang dulunya bersejarah bagi bangsa Indonesia. Silahkan mengajak anak Anda agar mereka mengenal alat transportasi yang digunakan beberapa tahun silam.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Museum Kereta Api terletak di Ambarawa, Jawa Tengah tepatnya di Jalan Stasiun No.1 Ambarawa. Waktu tempuhnya hanya 30 menit dari Semarang atau 17 km ke arah utara Salatiga. Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa berangkat dari Terminal Bus The Terboyo di Semarang. Ongkos perjalanan yang Anda bayar sekitar Rp5.000-Rp10.000 saja. Bus PO Raya, Kramat Djati dan Nusantara sangat direkomendasikan untuk Anda.

TIKET MASUK

Untuk memasuki serta menikmati keindahan koleksi di museum tersebut, Anda akan dikenai biaya sebesar Rp5.000 per orang.

FASILITAS

Terdapat kereta wisata yang akan mengantarkan Anda keliling dan melihat-lihat lokomotif tua dengan biaya yang cukup murah, yakni Rp10.000.

SEJARAH

Ambarawa yang merupakan daerah di pedalaman Semarang memiliki keindahan panorama desa yang mengagumkan. Rimbunan pohon hijau dengan latar belakang gunung api serta persawahan yang subur menarik minat bangsawan Belanda untuk menjadikannya tempat peristirahatan mereka. Stasiun kereta apinya sendiri dibangin pada tahun 1873 dengan nama awal Willem I Railway sebab Raja Willem I dari Belanda lah yang memerintahkan pembangunan stasiun ini.

KEINDAHAN DAN KOLEKSI MUSEUM

Museum yang ada di Jawa Tengah tersebut memiliki koleksi 21 lokomotif tua, salah satunya adalah Hartmann Chemnitz yang bertahun 1891 dan masih beroperasi sampai tahun 70-an. 21 lokomotif uap tersebut berada di utara dan barat museum. 5 lokomotif uap di depo dengan 3 di antaranya masih beroperasi dengan baik. Terdapat pula alat kuno seperti mesin hitung, mesin ketik, pesawat telepon, pesawat telegram, dan lainnya.

Terdapat Gua Perawan Maria dan Jalan Salib yang dikelilingi kolam ikan dan taman bunga. Untuk menikmati panorama selama perjalanan, Anda bisa menggunakan kereta api yang masih beroperasi bagi wisatawan dan charter pada musim panas, dari bulan Juni-Agustus.

MENGUNJUNGI TEMPAT LAINNYA

Rawa Pening merupakan area raya yang erat kaitannya dengan Ambarawa. Sebab dalam bahasa Jawa, amba berarti luas. Jadi Ambarawa merupakan rawa yang luas. Daerah ini mencakup empat kabupaten di lembah Gunung Merbabu dan dikelilingi pegunungan. Tumbuhan eceng gondok yang dijadikan bahan pembuatan souvenir dan tas ekspor bisa ditemukan di sini. Terdapat taman di tepi danau yang buka dari 08.30-21.00 serta menyewakan perahu untuk Anda sekelurga berjalan-jalan selama 1 jam dengan ongkos Rp25.000.

Selamat melaksanakan liburan Anda. Jangan lupa memberikan cinderamata bagi keluarga yang tidak ikut berlibur. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY